Home » , , » 8 Cara Alami Mengatasi Darah Tinggi (Hipertensi)

8 Cara Alami Mengatasi Darah Tinggi (Hipertensi)

Hipertensi atau yang biasa kita kenal dengan darah tinggi merupakan penyakit yang banyak penderitanya. Biasanya hipertensi ditandai dengan berbagai macam gejala diantaranya yaitu, jantung yang berdebar cepat, sakit kepala, telinga yang berdenging, dan pegal pada tengkuk kepala. Beberapa faktor lain yang menyebabkan terkena darah tinggi yaitu, makanan yang berkolestrol tinggi, garam yang berlebihan, kopi, rokok, obesitas, dan masih banyak faktor penyebab hipertensi lainnya.
Cara Alami Mengatasi Darah Tinggi (Hipertensi)
Berikut ini beberapa pengobatan dengan menggunakan bahan alami.
1.   Buah Pisang
Pisang memang memiliki khasiat yang sangat banyak, salah satunya dapat dijadikan makanan untuk mengatasi darah tinggi. Untuk itu, cobalah untuk mengkonsumsi buah pisang sebanyak 3-5 buah perhari. Kandungan yang ada didalamnya berfungsi untuk mengurangi pengerasan pembuluh darah.
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang manfaat pisang.

2.   Daun Seledri
Cara mengobati hipertensi dengan daun seledri yaitu, pertama siapkan 16 batang seledri yang masih utuh. Cucilah terlebih dahulu sampai bersih lalu potong-potong kasar saja. Rebuslah dengan menggunakkan 2 gelas air putih. Tunggu hingga airnya hanya tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan tadi dan seledrinya bisa dimakan.

3.   Bawang Putih
Caranya, siapkan 2 biji bawang putih lalu kupas kulitnya. Kunyahlah sampai halus kemudian ditelan. Terakhir minumlah 1 gelas air hangat. Lakukanlah pengobatan alternatif ini 3 kali dalam sehari.
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan mengenai khasiat bawang putih.

4.   Mentimun
Siapkan terlebih dahulu 2 buah mentimun, kemudian cucilah sampai bersih. Parutlah mentimun, peraslah airnya dengan saringan lalu minumlah. Cobalah pengobatan ini dalam sehari 2-3 kali.
Pada artikel lainnya telah kami informasikan mengenai manfaat mentimun.

5.   Buah Mengkudu
Carilah 2 buah mengkudu yang telah matang. Cuci terlebih dahulu kemudian parutlah. Peraslah airnya dan minumlah 2-3 kali dalam sehari. Jika dilakukan secara rutin, darah pun akan turun. Cara ini sudah banyak yang melakukannya dan terbukti ampuh.
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan mengenai manfaat mengkudu.

6.   Belimbing Wuluh
Siapkan 3 buah belimbing wuluh kemudian cucilah sampai bersih. Potong-potong sesuai selera kemudian rebuslah dengan 3 gelas air. Tunggulah sampai airnya hanya tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin, saringlah dan minumlah sesudah sarapan. Cara pengobatan ini tidak boleh dilakukan oleh penderita hipertensi yang air kencingnya mengandung kristal oksalat. Itu disebabkan dalam buah ini terdapat kandungan asam oksalat yang dapat menimbulkan asam lambung naik.

7.   Daun Pegagan
Siapkan 20 lembar daun pegagan, cucilah terlebih dahulu. Rebuslah dalam panci yang diisi 3 gelas air. Tunggulah sampai airnya hanya tersisa 2 seperempat saja. Diamkan dulu sampai dingin, setelah itu barulah saring dan dibagi menjadi 3. Minumlah ramuan ini, bisa juga dengan menambahkan air gula secukupnya saja. Lakukanlah cara pengobatan ini tiap hari.

8.   Daun Alpukat
Cara yang terakhir yaitu dengan menggunakan daun alpukat. Caranya, siapkan 3 lembar daun alpukat lalu dicuci sampai bersih. Seduhlah dengan menggunakan 1 gelas air panas. Tunggu dulu sampai airnya dingin. Lalu minumlah sampai habis. Selain daunnya bisa digunakan untuk mengatasi hipertensi, ternyata buah alpukat bisa juga digunakan untuk mengobati kencing manis.
Pada artikel yang lain telah kami informasikan tentang manfaat alpukat.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 10:25 AM

0 komentar:

Post a Comment