Home » , , » 8 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan

8 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan

Kegiatan lari pagi sudah menjadi agenda wajib bagi sebagian orang karena manfaat lari pagi untuk kesehatan sangat banyak. Mulai dari anak - anak sampai dewasa dapat melakukan lari pagi, karena dapat dilakukan dimana saja, tapi kebanyakan orang mencari tempat yang sejuk dan alam sekitarnya masih terjaga, karena apabila lari pagi dilakukan di tempat yang kumuh dan kotor pasti buat kesehatan tidak baik juga, karena dalam lari pagi banyak menghirup udara saat bernapas. Untuk itu, carilah tempat untuk lari pagi yang alamnya masih terjaga.
8 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan
1. Membakar Lemak
Lari pagi dapat menurutkan berat badan , karena dipengaruhi oleh fisiologis dan psikologis yang meningkat. Olahraga ini sangat ampuh untuk membakar lemak. 
Setelah tertidur tubuh Anda mengalami keadaan semi puasa, pasti cadangan karbohidat pun akan habis. Karbohidrat berfungsi sebagai penambah energi dalam tubuh, jadi setelah persediannya habis, energi Anda akan digantikan oleh bahan bakar saat berolahraga, dari proses pembakaran jaringan lemak dalam tubuh. 
Anda harus melakukan aktifitas lari pagi ini dari mulai intensitas rendah sampai sedang, maka didalam tubuh pun akan terjadi proses pembakaran lemak yang akan dijadikan sebagai bahan bakar, aktifitas ini sudah teruji untuk menurunkan berat badan. Disamping itu, lari pagi juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Menurut penelitian, bahwa orang yang rutin melakukan aktifitas lari pagi mempunyai metabolisme yang sangat bagus.

2. Segar Sepanjang Hari
Dengan rutin melakukan aktifitas ini, paru-paru didalam tubuh Anda akan terisi oleh udara segar saat bernapas, jadi sel-sel darah dalam tubuh akan menjadi lebih sehat. Disamping itu, dapat menciptakan terjadinya koordinasi pikiran dan jiwa lebih baik. Karena dengan mempunyai pikiran yang baik, dapat menjadikan suasana hati lebih nyaman dan kesehatan pun akan terjaga. Serta dengan menggerakan tubuh, maka  akan menjadikan sirkulasi darah akan lebih baik dan lancar

3. Menguatkan Tulang
Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Missouri mengungkapkan, bahwa masa tulang pelari cenderung lebih baik dari atlet aerobik lainnya. Bahkan kepadatan tulang para pelari lebih baik dari pesepeda, ada sebanyak 63 % pesepeda yang mempunyai tulang yang jelek, sedangkan para pelari hanya 19 %. Disamping itu, dengan melakukan lari pagi yang teratur dapat menghindari terjadinya  osteoporosis ( pengeroposan tulang ). Karena saat lari pagi tulang Anda akan menjadi lebih kuat dan padat, jadi tulang Anda akan terjaga sampai tua.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Jantung mempunyai peranan yang sangat penting dalam tubuh karena merupakan organ vital yang berfungsi untuk memompa darah ke organ lainnya. Jadi Anda harus menjaga jantung Anda tetap sehat, maka otomatis kesehatan tubuh pun akan terjaga. 
Pada saat lari pagi Anda akan menghirup oksigen yang lebih baik, dan menyebarkannya ke seluruh organ tubuh. Selain itu aktifitas ini telah teruji dapat mencegah terjadinya penyakit stroke dan jantung. Menurut penelitian, bahwa orang yang berlari sejauh 16 Km dalam seminggu dapat mencegah terjadinya gangguan tekanan darah sebanyak 39 %. Disamping itu dengan lari pagi dapat membuang kolestrol yang ada dalam pembuluh darah sebanyak 34 %.

5. Mencegah Stress
Pada saat melakukan aktifitas lari pagi, pasti kebutuhan oksigen akan lebih banyak. Oksigen ini akan disalurkan keseluruh tubuh termasuk otak.  Sehingga akan membuat pikiran Anda lebih tenang dan nyaman, walaupun berlari hanya 20 menit. Dampak kegiatan lari pagi akan menjadikan Anda melupakan sejenak masalah yang ada dan membuat pikiran lebih jernih dalam menyikapi suatu masalah.

6. Kesehatan Mata
Pada artikel yang lain telah kami informasikan mengenai tips menjaga kesehatan mata.
Apabila Anda ingin memiliki mata yang sehat, maka lakukanlah aktifitas ini. Karena menurut para peneliti, bahwa orang yang melakukan lari pagi 56 Km secara rutin dalam seminggu dapat mencegah terjadinya masalah penglihatan pada usia tua sebanyak 54 %. Maka dari itu, lakukanlah lari pagi agar kesehatan mata anda terjaga sampai tua.

7. Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Aktifitas ini sangat dianjurkan bagi Anda yang mengalami insomnia / susah tidur. Dengan melakukan lari pagi maka Anda akan bisa tidur setelah berbaring selama 17 menit dan membuat tidur lebih nyenyak. Coba bandingkan dengan yang tidak berlari pagi, penderita insomnia akan tidur setelah berbaring 38 menit atau lebih untuk bisa tidur lelap. Dengan rutin lari pagi akan membuat tubuh Anda menjadi lebih segar. Jadi jadwal bangun dan tidur bisa menjadi lebih teratur. Untuk itu, biasakanlah lari pagi supaya Anda terhindar dari insomnia / susah tidur.

8. Meningkatkan Konsentrasi
Dengan memiliki konsentrasi yang baik, akan berdampak pada kegiatan sehari-hari Anda. Contohnya saat Anda berjalan, pasti harus berkonsentrasi supaya dapat berjalan sesuai arah yang akan dituju. Menurut para atlit lari, aktifitas ini seperti sedang melakukan meditasi. Untuk itu, apabila Anda ingin mempunyai konsentrasi yang bagus, lakukanlah secara rutin aktifitas lari pagi.

Tips Untuk  Lari Pagi Yang Benar
Dalam melakukan aktifitas ini, Anda dituntut untuk melakukannnya dengan benar dan serius, supaya khasiatnya bagi tubuh dapat dirasakan secara maksimal. Untuk itu Anda harus melakukan aktifitas ini dengan penuh semangat, dan dilakukan secara rutin.
Intensitas dalam melakukan lari pagi harus terorganisir. Jangan melakukan lari pagi hanya 10 sampai 15 menit saja, tapi berlari terlalu lama tidak baik juga, yang akan menimbulkan kelelahan dalam tubuh. Jadi cobalah untuk lari pagi selama 45 menit dengan penuh semangat dan santai saja. Coba cari teman yang bisa diajak untuk melakukan lari pagi. Dalam seminggu cobalah melakukan lari pagi 3-4 kali, supaya aktifitas ini dapat menjadi kebiasaan. Saran dari kami, berlarilah sambil mendengarkan musik lewat smartphone atau alat untuk mendengarkan musik yang mudah dibawa, dapat membuat pikiran Anda lebih tenang, dan akan berdampak pada aktifitas lari pagi Anda.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 11:18 AM

0 komentar:

Post a Comment