Home » , , » 8 Manfaat Sit Up Tiap Hari

8 Manfaat Sit Up Tiap Hari

Jika ingin mempunyai tubuh yang sehat, maka perlu asupan makanan yang bergizi. Tetapi tidak hanya itu, Anda harus melakukan aktifitas yang bisa menyehatkan tubuh, salah satunya yaitu dengan rutin berolahraga. Karena dapat membuat tubuh tetap bugar dan tentu kesehatannya akan terjaga pula, sehingga tidak akan mudah terkena berbagai macam jenis penyakit.
Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang olahraga yang mudah dilakukan, tetapi mempunyai manfaat yang sangat banyak, diantaranya dapat memperkuat bagian otot perut dan otot punggung.
8 Manfaat Sit Up Tiap Hari
1. Kesehatan Pencernaan
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang cara melancarkan pencernaan.
Manfaat yang pertama yaitu bisa menjaga kesehatan pencernaan. Dengan rutin melakukan sit up dapat membuat usus menjadi lebih sehat. Biasanya orang yang terkena masalah pencernaan disebabkan oleh terganggunya usus, jadi dengan melakukan olahraga ini bisa membuat otot yang ada di perut membantu kinerja usus agar bisa bekerja lebih baik dan makanan pun bisa diolah dengan lancar. Selain itu, agar kesehatan pencernaan terjaga, Anda harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat.

2. Keseimbangan Tubuh
Jika Anda memiliki keseimbangan tubuh yang jelek seperti sering mudah terjatuh. Cobalah untuk melakukan sit up. Apabila dilakukan secara rutin, maka keseimbangan tubuh pun akan menjadi lebih baik. Dengan melakukan olahraga ini dapat memperkuat gerakan pada otot bagian pinggul. Selain itu, sit up dapat membuat otot pada bagian lengan, perut, dan kaki menjadi lebih kuat, sehingga akan membuat keseimbangan tubuh lebih baik dan lebih bugar.

3. Menjaga Postur Tubuh
Dengan memiliki postur tubuh yang ideal akan memberikan rasa percaya diri yang lebih. Oleh karena itu, agar postur tubuh terjaga, Anda harus melakukan olahraga, salah satunya yaitu sit up. Cobalah untuk melakukan sit up pada saat setelah bangun tidur sebanyak 10 sampai 20 kali. Jika dilakukan secara teratur bisa membuat postur tubuh lebih ideal. Tetapi Anda juga harus menjaga pola makan karena dengan olahraga saja tidak cukup. Untuk itu, agar postur tubuh Anda terjaga konsumsilah makanan yang bergizi tinggi. Niscaya apabila asupan makanan tercukupi dan dengan olahraga yang teratur, maka sudah dipastikan Anda akan memiliki postur tubuh yang ideal.

4. Menjaga Sistem Metabolisme
Sistem metabolisme sangat diperlukan untuk mengolah berbagai macam jenis makanan yang masuk kedalam tubuh. Sistem metabolisme didukung oleh beberapa jenis hormon salah satunya yaitu hormon pertumbuhan. Jika sistem metabolisme terganggu bisa mengakibatkan sisa-sisa metabolisme akan terkumpul kebeberapa organ. Untuk itu, dengan melakukan sit up dapat membuat otot pada bagian perut bekerja lebih baik, sehingga akan terpenuhinya pasokan oksigen ke pembuluh darah. Oleh karena itu, dapat membuat sistem metabolisme akan bekerja lebih efektif karena terbantu oleh aliran darah yang lancar.

5. Peradaran Darah Menjadi Lancar
Seperti telah tadi kami terangkan bahwa dengan melakukan sit up dapat melancarkan aliran darah. Jika aliran darah terganggu bisa mengakibatkan kurangnya pasokan oksigen dan dapat menyebabkan terkena berbagai macam jenis penyakit seperti gagal ginjal, serangan jantung, dan masih banyak lagi penyakit berbahaya lainnya. Oleh karena itu, lakukanlah sit up secara teratur agar darah menjadi lancar dan pasokan oksigen juga menjadi lebih baik.

6. Mengurangi Lemak
Apabila Anda sedang menjalankan program diet, cobalah cara ampuh ini yaitu dengan melakukan sit up secara rutin. Dengan melakukan olahraga ini dapat membuat otot perut menjadi lebih kuat, sehingga akan membakar lemak yang ada dalam tubuh seperti lemak yang ada di dada, pinggang, dan perut. Sit up merupakan olahraga yang ampuh untuk membantu pembakaran kalori dalam tubuh. Untuk itu, lalukanlah sit up selama 15 menit tiap hari. Agar hasilnya lebih maksimal, cobalah Anda membuat target banyaknya sit up yang akan dilakukan.

7. Kesehatan Otot
Memang sit up hanya memfokuskan ke bagian otot perut. Tetapi Sebenarnya olahraga ini bisa juga menjaga kesehatan otot tubuh. Dengan memiliki massa otot tubuh yang kuat dan sehat akan berdampak pada kesehatan tubuh yang akan semakin bugar. Jika dilakukan secara teratur, sit up bisa membuat otot tubuh terlatih untuk melakukan gerakan. Karena dalam sit up sering melakukan gerakan menarik tubuh dan meletakkan punggung, sehingga dapat membuat massa otot dalam tubuh menjadi lebih berkembang dan kesehatan tubuh pun akan terjaga juga.

8. Membantu Pembentukan Tubuh
Pada artikel yang lain telah kami informasikan tentang Makanan Pembentuk Otot Tubuh.
Jika Anda ingin memiliki perut yang six pack. Cobalah untuk melakukan olahraga yang mudah dilakukan ini. Dengan melakukan sit up secara rutin tiap hari dapat meningkatkan massa otot dalam tubuh. Untuk itu, lakukanlah sit up dengan dikombinasikan dengan olahraga pembentukan tubuh lainnya supaya hasilnya lebih maksimal dan efektif. Selain itu, penuhilah asupan dalam tubuh dengan makanan yang bergizi tinggi.

Ternyata manfaat sit up banyak juga, tetapi ini hanya sebagian kecil saja, masih ada manfaat yang lainnya, seperti untuk pembentukan pinggul, pembentukan otot dada, menjaga kesehatan tulang, dan masih banyak manfaat yang lainnya. Sebelum melakukan olahraga ini, Anda harus tahu cara melakukannya karena jika dilakukan dengan salah dapat mengakibatkan cedera. Oleh karena itu, tanyakan cara melakukan sit up yang benar kepada orang yang sudah sering melakukannya atau bisa dengan melihat video yang sudah banyak tersebar di youtube.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 10:02 AM

0 komentar:

Post a Comment