Home » , , » 8 Bahaya Merokok

8 Bahaya Merokok

Merokok memang sudah menjadi sebuah kebiasaan yang sulit ditinggalkan apabila sudah ketagihan. Orang yang sudah ketergantungan terhadap rokok pasti merasa tidak enak apabila tidak merokok. Padahal menurut penelitian, rokok adalah sebuah sumber yang akan menyebabkan banyak penyakit berbahaya. Banyak contoh, orang yang meninggal karena rokok. Tetapi ironisnya industri rokok sangat berkembang pesat dari waktu ke waktu. Menurut data, Indonesia dan Cina merupakan Negara pengkonsumsi rokok terbesar di dunia. Pada kedua Negara tersebut harganya sangat murah dibandingkan dengan Negara lain. Padahal seperti kita ketahui, sebenarnya para pakar kesehatan menganjurkan kepada semua orang, untuk tidak merokok. Peringatan bahaya merokok sebenarnya sudah ada pada bungkus rokok, tetapi kenapa masih banyak orang yang mengkonsumsinya ? .Itu didasari oleh ketergantungan terhadap rokok yang sudah kuat sekali, jadi pasti orang tersebut sulit menghilangkan kebiasaanya itu.
8 Bahaya Merokok
1. Kanker
Menurut data, sekitar 90 % kematian disebabkan oleh kanker paru-paru pada pria perokok, dan 80 % pada wanita perokok. Kematian yang disebabkan oleh penyakit ini bisa 23 kali lebih tinggi terhadap pria perokok sedangkan pada wanita perokok 13 kali lebih tinggi, bila dibandingan dengan orang yang tidak merokok. Menurut sebuah studi, orang yang tinggal bersama perokok beresiko terkena penyakit ini 24 % lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Dampak merokok, tidak hanya menyebabkan penyakit kanker paru-paru, tetapi beresiko terkena penyakit pada rongga mulut, esophagus, ginjal, kanker kantung kencing, dan masih banyak lagi penyakit yang disebabkan oleh merokok.

2. Penyakit Jantung
Rokok dapat menyebabkan terjadinya pengerasan pada pembuluh darah. Dampak tersebut disebabkan oleh banyaknya lemak yang menumpuk di arteri, yang dapat memblokir aliran darah dan dapat menimbulkan pembuluh darah mengalami penyempitan. Itulah yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Karena jantung pasti harus ekstra kerja keras untuk menghadapi tekanan ini, dan akhirnya dapat menyebabkan nyeri pada dada. Apabila satu arteri atau lebih terblokir, maka serangan jantung pun bisa saja terjadi. Sehingga jika orang tersebut sudah lama melakukan kebiasaan merokok ini, resikonya sangat besar terkena penyakit jantung

3. Impotensi
Penyakit ini terjadi pada pria perokok yang dapat mengakibatkan disfungsi ereksi. Pada pria berumur diantara 30 sampai 40, presentase terkena penyakit ini sangat besar.  Impotensi disebabkan oleh penyempitan pada pembuluh darah arteri menuju ke penis sehingga akan mengganggu aliran dan tekanan darah pada penis. Itu diakibatkan dari hasil pembakaran rokok dari nikotin dan karbon monoksida. Akibatnya penis akan susah mengalami ereksi. Jadi apabila Anda tidak ingin lemah dihadapan istri Anda, berhentilah merokok dari sekarang.

4. Gangguan Pendengaran
Pasokan oksigen ke dalam telinga, khususnya ke koklea ( rumah siput ) akan terganggu. Akibatnya koklea dapat mengalami kerusakan. Jadi pendengaran pasti terganggu, dan kemungkinan Anda akan mengalami ketulian. Tidak ingin kan Anda menjadi tuli ?

5. Gangguan Pernapasan
Kondisi ini ditimbulkan oleh peradangan pada saluran pernapasan dan jaringan paru- paru atau yang biasa disebut inflamasi. Gejala ini biasanya telihat pada orang yang merokok akan sering mengalami sesak napas dan bersin-bersin. Semakin lama perokok mengalami gejala tersebut, maka peradangan akan membuat jaringan parut yang dapat menyebabkan paru-paru berubah bentuknya dan akibatnya dapat menimbulkan gangguan pernapasan. Bahkan ada yang lebih parah lagi yaitu dapat mengalami batuk kronis berlendir dan sulit bernapas.

6. Tulang Yang Rapuh
Merokok dapat membuat tulang rapuh. Itulah menurut penelitian Edward N. Hanley Jr., MD, seorang kepala bagian pembedahan ortopedi di Carolina Medical Center, menyatakan bahwa orang yang merokok lebih beresiko mengalami nyeri punggung sebesar 50 %, jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok hanya sebesar 20 %. Disamping itu, nikotin akan menghambat penyembuhan patah tulang.

7. Diabetes
Bagi Anda yang sedang mengalami penyakit diabetes, berhentilah merokok dari sekarang. Karena asap rokok bagi penderita diabetes lebih mematikan, disebabkan oleh kadar gula yang ada dalam tubuh menjadi meningkat drastis dan kemungkinan bisa menyebabkan kematian. Efek yang timbul pada perokok yang kadar gula darahnya meningkat adalah terjadinya komplikasi terhadap penyakit yang sedang dialami. Bagi Anda yang sudah di vonis terkena penyakit diabetes, dianjurkan untuk berhenti merokok, supaya penyembuhan penyakitnya tidak akan terganggu.

8. Sulit Berhemat
Coba Anda pikirkan, berapa uang yang dikeluarkan untuk merokok ? pasti sangat banyak kan. Biasanya orang yang merokok dapat menghabiskan uang sekitar Rp. 300-500 ribu setiap bulan. Apabila kebiasaan ini tidak dihentikan pasti akan berbahaya pada keuangan Anda. Jadi buat apa menghabiskan uang untuk hal yang tidak ada manfaatnya, mendingan Anda nabung buat menyongsong masa depan Anda.

Tips untuk berhenti Merokok
Jika Anda sudah punya niat untuk berhenti merokok pasti bisa melakukannya, karena setiap perbuatan itu tergantungan niatnya. Pertama cobalah untuk mengurangi jatah untuk merokok Anda. Misalkan Anda biasa menghabiskan satu bungkus rokok tiap hari, cobalah untuk mengurang tiap hari satu batang, pasti lama kelamaan Anda akan terbiasa dengan kebiasaan ini dan cobalah untuk selalu mencari aktifitas yang menyibukkan Anda. Akhirnya kebiasaan merokok Anda dapat dihentikan.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 1:45 PM

0 komentar:

Post a Comment