Home » , , , » 8 Alat Dan Teknologi Canggih Dalam Dunia Olahraga

8 Alat Dan Teknologi Canggih Dalam Dunia Olahraga

Olahraga sudah menjadi gaya hidup untuk sebagian orang, karena dengan olahraga kita dapat hidup dengan sehat. Di zaman yang sudah terbilang modern ini sudah banyak sekali tercipta alat - alat olahraga yang terbilang canggih dan berharga sangat mahal. Hanya orang - orang tertentulah yang dapat menggunakan alat ini, tetapi walaupun banyak sekali orang yang tidak memakai alat ini, kita tetap harus mengetahui alat - alat tersebut, sebagai sumber pengetahuan.
Berikut ini 8 Alat Dan Teknologi Canggih Dalam Dunia Olahraga


1. Martin Jetpack
Martin Jetpack
Alat ini merupakan hasil pengembangan eksperimen dari pesawat udara dan termasuk dalam kategori peralatan VTOL ( Vertical Take-Off and Landing ), bisa diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu lepas landas dan mendarat secara vertikal.
Alat ini digerakkan dengan mesin piston V4 yang berkapasitas 2 liter dan dapat menghasilkan 200 tenaga kuda. Selain itu Martin Jetpack sudah didukung oleh 2 propeler yang berbentuk silinder ( Ducted Fans ). Kecepatannya dapat mencapai 100 KM / jam dan dapat melayang sampai ketinggian 2400 Meter di udara, dengan bahan bakar yang diisi penuh sampai 19 liter dapat menempuh jarak 50 KM. Cara penggunaannya pun hanya dengan menggunakan tuas kontrol yang sudah dilengkapi dengan monitor data aktifitas sistem.

2. Jetovator
Jetovator
Jetovator dapat dikendalikan dengan mudah jika dibandingkan dengan hydro jet pack lainnya karena dalam mengendarainya tidak perlu pelatihan khusus. Kendaraan ini memiliki selang sepanjang 15,2 meter yang digunakan untuk menghisap air, kemudian disemburkan oleh propeller. Kendaraan ini mempunyai tiga alat pendorong yang berfungsi untuk menyeimbangkan agar berjalan lebih stabil.
Jetovator hanya dapat digunakan di atas permukaan air, jadi alat ini dipastikan akan lebih aman daripada jet pack lainnya. disamping itu, alat ini sudah dilengkapi oleh Suspension Landing Gear yang dapat digunakan untuk lepas landas dan mendarat di sebuah dermaga atau dalam geladak kapal. Jetovator tidak masuk dalam kategori alat trasportasi, karena alat ini diciptakan sebagai alat rekreasi sambil berolahraga. 

3. Jetsurf
Jetsurf
Kendaraan ini sudah dilengkapi oleh mesin 1000cc, dan papannya terbuat dari bahan serat karbon, serta dua alat jet air miniatur yang ditempelkan tepat dibelakangnya. Cara penggunaannya dengan berdiri dan dikendalikan oleh berat badan yang mengemudikannya. Jetsurf sudah diproduksi dalam tiga jenis, yaitu Rookie, Ultra Sport dan Pabrik GP 100. Dari ketiga jenis tersebut kecepatannya berbeda-beda. Yang pertama yaitu jenis Rookie mempunyai kecepatan sampai 30 Mph ( 48 Km / Jam ), kendaraan ini diperutukkan bagi yang baru belajar menggunakan jetsurf. Jenis yang kedua yaitu Ultra Sport mempunyai kecepatan sampai 32 Mph ( 51 Km / Jam ), dan yang terakhir adalah jenis Pabrik GP 100 mempunyai kecepatan sampai 35 Mph ( 56 Km / Jam ), Jetsurf jenis ini diperuntukkan khusus untuk para pengguna yang sudah mahir dalam mengendarainya dan sering digunakan untuk balapan. 

4. Quadski
Quadski
Kecepatan kendaraan ini bisa sampai 70 Km / Jam dan bisa dikemudikan di air atau pun darat. Mesin Quadski diproduksi oleh BMW dan dapat difungsikan untuk memutarkan empat roda dan baling-balingnya. Kendaraan ini dapat digunakan dalam kegiatan yang cukup berat sekalipun karena quadski sudah dilengkapi oleh mesin 4 silinder yang berkapasitas 1300cc dan 16 katub DOHC, serta dibekali juga dengan mesin jetski standar.  Kelebihan kendaraan ini yaitu, hanya membutuhkan waktu 5 detik untuk merubah mode darat ke air. Pada saat Quadski dikendarakan di daerah daratan, roda belakangnya akan bergerak dengan sigap secara otomatis, begitupun apabila kendaraan ini menyentuh air, otomatis mesin jetski langsung menyesuaikan ke mode air, dan dapat menjelajahi wilayah perairan tersebut.

5. Zero Runner
Zero Runner
Alat ini diciptakan untuk orang yang ingin lari didalam ruangan. Bentuk Zero Runner sangat fleksibel dan akan menjadikan kegiatan lari menjadi lebih cepat. Apabila gerakan dipercepat, otomatis akan memperkuat otot kaki. Kelebihan lainnya, yaitu dapat menghitung kecepatan, detak jantung dan jarak lari yang ditempuh.

6. Visiobike
Visiobike
Visiobike masuk kedalam kategori sepeda yang dieksperimen oleh Marko Matenda, beliau adalah seorang pencinta sepeda. Sepeda ini dibuat dengan frame serat karbon, sama seperti sepeda elektrik yang lain, kendaraan ini sudah dilengkapi dengan motor yang berjenis MDF Drive 5.1, dan ditenagai oleh baterai lithium ion 14,5 MAh yang dibuat oleh panasonic. Visiobike dilengkapi dengan sistem drivetrain hybrid yang bernama pedelec. Keunggulan sepeda ini dibandingkan dengan sepeda elektik lainnya yaitu, pedelec bisa membuat tenaga dorong yang dihasilkan lebih besar, pada saat mengendarai di daerah tanjakan. Teknologi tersebut dapat menghitung dan menyesuaikan kecepatan dan torsi menjadi lebih baik sesuai kemampuan pemakainya. Tidak hanya itu, Visiobike sudah dilengkapi peralatan seperti motor elektrik, kamera, baterai, sistem transmisi otomatis, chip GPS dan GSM yang dapat terkoneksi ke chipset in-house. Disamping itu, app smarphone dapat digunakan untuk mengontrol dan mengakses semua informasi penting dari sambungan via Bluetooth.

7. Jam Referee Third Eye
Jam Referee Third Eye
Walaupun alat ini belum digunakan secara resmi dalam pertandingan sepakbola, tetapi seorang desainer handal bernama Andy Kurovert membuat jam khusus untuk wasit sepakbola. Kelebihan alat ini yaitu dilengkapi dengan fitur bluetooth yang berfungsi untuk mengirim sinyal kepada asisten wasit apabila telah terjadi offside, pelanggaran, ataupun telah terjadi penalti. Selain itu, wasit yang memimpin pertadingan dapat melihat kejadiaan di layar jam. Apabila terjadi pelanggaran, lampu akan menyala berwarna merah, jika tidak terjadi pelanggaran lampu akan menyala berwarna hijau. Dan apabila lampu menyala berwarna kuning berarti ada kerusakkan pada alat tersebut. Karena tidak ada yang berwarna kuning.

8. Bola Ctrus
Bola Ctrus
Kelebihan bola ini dari bola biasa adalah dapat mengirim sinyal ke wasit melalui perangkat khusus yang digunakan wasit apabila telah terjadi gol. Karena bola ini dilengkapi dengan kamera didalamnya. Tetapi FIFA telah menolak menggunakkan Bola Ctrus ini karena dapat membuat pertandingan sepakbola jadi tidak seru dan merusak keindahan olahraga tersebut.

Dunia Teknologi dalam olahraga memang sudah berkembang pesat dan kita tunggu inovasi - inovasi baru dalam dunia olahraga selanjutnya.
Mungkin Informasi yang Kami berikan tidak lengkap dan tidak akurat karena pasti masih banyak alat dan teknologi canggih dalam dunia olahraga yang tidak bisa Kami bagikan semuanya.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 8:59 AM

0 komentar:

Post a Comment