Home » , » 8 Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan

8 Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Tanaman ini mempunyai bau yang sangat menyengat. Biasanya bawang putih sering dipakai untuk membuat bumbu masakan. Ternyata jenis tanaman ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dapat dijadikan sebagai pencegah penyakit kanker. Bawang putih memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak seperti fosfor, kalium, kalsium, mangan, seng, selenium, vitamin C dan B6. Sehingga bisa dijadikan obat herbal yang sangat ampuh untuk mengatasi beberapa jenis penyakit.
8 Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan
1. Mengatasi Hipertensi
Manfaat bawang putih yang pertama yaitu berguna untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Menurut riset yang telah teruji mengungkapkan bahwa, bawang putih bisa menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%. Selain itu, jenis tanaman yang biasa dibuat bumbu ini efektif menurunkan tekanan darah pada orang normal sekalipun. Para peneliti biasanya menggunakan bubuk bawang putih yang telah terpilih atau tertentu saja.

2. Menurunkan Kolestrol Jahat
Bawang putih sangat ampuh untuk menurunkan kolestrol jahat. Menurut penelitian yang telah terbukti, bawang putih dapat memangkas kolestrol jahat sekitar 10-15%. Tetapi, Anda jangan khawatir karena bawang putih hanya membasmi kolestrol jahatnya saja sedangkan kolestrol yang baik untuk tubuh tidak akan terpengaruh, sehingga kesehatan tubuh pun akan terjaga dengan baik.

3. Kesehatan Kulit
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan mengenai cara menjaga kesehatan kulit.
Ternyata bawang putih memiliki manfaat untuk menyehatkan kulit. Bahkan bawang putih dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit seperti, menghilangkan noda bekas luka, mengatasi jerawat, dan komedo. Untuk menghilangkan bekas luka, cara pemakaiannya yaitu, dengan mengoleskannnya ke area kulit yang terdapat luka atau goresan. Selanjutnya cara penggunaan untuk mengobati jerawat yaitu, siapkan 1 siung bawang putih kemudian haluskan terlebih dahulu. Tempelkan pada area wajah yang terdapat jerawatnya lalu diamkan selama 10 menit. Jika dilakukan secara rutin, jerawat akan dengan mudah disembuhkan. Yang terakhir cara pemakaian untuk mengatasi komedo yaitu, siapkan satu siung bawang putih kemudian tumbuk dulu sampai halus lalu oleskan pada area yang terdapat komedonya.

4. Mengobati Sakit Gigi
Pada artikel lainnya telah kami informasikan mengenai cara mengobati sakit gigi.
Sifat anti bakteri yang terkandung dalam bawang putih, ampuh membasmi kuman dan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu jenis tanaman bumbu ini memiliki kandungan analgesik, zat ini sangat efektif untuk menyembuhkan sakit gigi. Untuk itu, bagi Anda yang sedang terkena sakit gigi, cobalah cara alternatif ini. Semoga sakit giginya bisa disembuhkan.

5. Mengobati Batuk Dan Pilek
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan mengenai cara mengobati batuk.
Kandungan vitamin C yang terdapat dalam bawang putih. Ternyata ampuh untuk mengobati batuk dan pilek yang disebabkan oleh alergi. Bawang putih juga bersifat anti virus, sehingga sangat ampuh untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Selain itu, dapat juga digunakan untuk mengatasi gangguan pernapasan bagian atas yang disebabkan oleh infeksi.

6. Kesehatan Otak
Pada artikel yang lain telah kami informasikan mengenai kebiasaan yang merusak otak.
Senyawa yang terdapat dalam bawang putih yaitu sulfur – sallylcystein. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan kinerja otak dan mencegah degenerasi lobus frontal otak. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam bawang putih, dapat juga mencegah terjadinya penyakit alzheimer karena bawang putih memiliki antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

7. Mengobati Impotensi
Bawang putih memiliki sifat afrodisiak, sehingga dapat dijadikan obat alternatif untuk mengobati impotensi. Selain itu, jenis tanaman bumbu ini dapat mengatasi lemah syahwat karena didalamnya terdapat kandungan enzim yang biasa disebut dengan nitrit oksida sintase, sehingga sangat efektif untuk mengatasi lemah syahwat.

8. Sebagai Antioksidan
Seperti telah kami terangkan tadi bahwa bawang putih memiliki kandungan antioksidan. Sehingga sangat efektif dan ampuh untuk menangkal segala jenis penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Untuk hasil yang lebih maksimal, cobalah untuk menggunakan bawang putih yang sudah tua, karena memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi.


Sebenarnya manfaat dan khasiat bawang putih untuk menjaga kesehatan tubuh masih banyak lagi seperti untuk mengatasi diabetes, obat infeksi, dan masih banyak yang lainnya. Tetapi bawang putih juga memiliki efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan diantaranya yaitu dapat menyebabkan rusaknya saluran pencernaan, iritasi pada lambung, peradangan , dan gangguan pernapasan. Untuk itu, bagi Anda yang alergi terhadap bawang putih, disarankan untuk tidak mengkonsumsinya karena dapat menimbulkan beberapa efek samping yang berbahaya. Jadi, jika Anda ingin memakai cara pengobatan dengan bawang putih, alangkah baiknya dilakukan secara hati-hati dan apabila penyakitnya tidak sembuh, cepatlah konsultasikan dengan dokter.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 8:35 AM

0 komentar:

Post a Comment