Home » , , » 8 Manfaat Buah Mengkudu

8 Manfaat Buah Mengkudu

Buah Mengkudu banyak ditemukan diberbagai wilayah Indonesia. Buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan mempunyai kandungan zat yang sangat banyak, seperti, nutrisi, terpenoid, anti bakteri, xeronine dan proxeronine.
8 Manfaat Buah Mengkudu
1. Untuk Mengatasi Hipertensi
Manfaat pertama dari buah mengkudu yaitu dapat mengatasi hipertensi. Cara pemakaiannya, siapkan 2 buah mengkudu yang sudah matang dan 1 sendok makan madu, lalu blender buah mengkudu kemudian ambil sarinya dengan cara diperas, campurkan 1 sendok makan madu kedalam perasan mengkudu tadi, aduk hingga merata kemudian disaring. Minuman dari mengkudu siap untuk diminum, lakukanlah cara ini dua hari sekali.  

2. Melancarkan Sistem Peredaran Darah
Mengkudu dapat membuat aliran darah yang terhambat menjadi lancar. Hal ini dikarenakan dalam buah mengkudu terdapat kandungan mineral yang berfungsi untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang menyempit. Oleh karena itu, detak jantung pun akan lebih teratur dan proses pemompaan darah jadi semakin lebih baik. Jadi aliran darah pun dapat berjalan dengan normal. Selain itu dalam buah ini terdapat kandungan zat scopoletin yang berguna untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang tadinya mengalami penyempitan. Jadi proses pengedaran darah ke seluruh tubuh akan menjadi lebih lancar. Disamping itu, zat ini sudah terbukti ampuh membasmi berbagai macam jenis bakteri dan bisa digunakan sebagai anti alergi.

3. Mengobati Batuk
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan mengenai cara mengobati batuk.
Ternyata buah mengkudu juga dapat dijadikan solusi pengobatan alternatif untuk mengatasi penyakit batuk. Cara penggunaanya cukup mudah, rebus 1 buah mengkudu yang sudah matang dan 1/2 genggam daun bujanggut, tambahkan 2 gelas air , lalu tunggu sampai air rebusan mengkudu sampai tersisa 1 gelas saja. Kemudian saring hingga dua kali penyaringan, setelah dingin atau hangat Anda dapat meminumnya. Lakukanlah cara ini dua kali dalam sehari. Semoga batuk Anda bisa disembuhkan dengan cara alternatif ini.

4. Mengobati Sakit Kuning
Khasiat lainnya dari buah mengkudu yaitu dapat digunakan untuk mengobati sakit kuning, cara pemakaiannya yaitu, pertama siapkan dulu 2 buah mengkudu yang sudah masak dan madu. Kemudian buah mengkudu diperas kedalam gelas atau mangkuk lalu campurkan madu kedalamnya. Setelah itu, saring terlebih dahulu air campuran tersebut, lalu minumlah 2 kali dalam sehari.

5. Menghambat sel kanker dan tumor
Ternyata dengan rutin mengkonsumsi buah mengkudu dapat membuat sel kanker dan tumor dalam tubuh sulit berkembang. Karena penyakit ini sangat membahayakan keselamatan orang yang mengidapnya. Cara pemakaiannya yaitu Anda tinggal membuat jus dari buah mengkudu ini, kalau mau lebih enak bisa dicampurkan dengan madu. Tetapi jangan sekali-kali mencampurkannya dengan kopi, teh atau alkohol kedalam jus mengkudu, karena tidak bisa dicampurkan dengan bahan tersebut.

6. Mengatasi kulit bersisik
Pada artikel yang lain telah kami informasikan mengenai cara menjaga kesehatan kulit.
Buah mengkudu telah teruji manfaatnya dibidang kecantikan, khususnya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pada kulit yang bersisik. Cara pemakaiannya cukup mudah, pertama ambil 1 buah mengkudu, kemudian gosokkan pada area kulit yang bersisik, setelah itu, diamkan terlebih dahulu sekitar 10-15 menit. Terakhir Anda tinggal mencuci kulit Anda dengan air yang bersih.

7. Daya tahan tubuh
Dalam buah mengkudu terdapat kandungan mineral, vitamin, peptida, asam amino, dan enzim. Nutrisi yang tadi disebutkan sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Menurut para pakar kesehatan, hanya dengan minum jus mengkudu dapat melindungi tubuh Anda dari ancaman radikal bebas. Karena dalam buah mengkudu terdapat banyak kandungan antioksidan alami seperti koenzim Q10 dan vitamin E yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, jika Anda ingin memiliki daya tahan tubuh yang kuat, rutinlah minum jus mengkudu taiap hari.

8. Antidepresan / sedatif
Buah mengkudu membantu dalam merangsang hormon melatonin dan serotonin. Kedua hormon tersebut, sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Melatonin berfungsi mengatur ritme jantung dan mempunyai peran untuk membantu tidur Anda agar lebih nyaman dan nyenyak. Selain itu, melatonin juga berguna untuk meningkatkan mood. Sedangkan serotonin berfungsi untuk mempengaruhi suasana hati dan emosi Anda.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 6:19 AM

0 komentar:

Post a Comment