Home » , , » 8 Manfaat Ikan Kembung Bagi Kesehatan

8 Manfaat Ikan Kembung Bagi Kesehatan

Ikan jenis ini sangat terkenal khususnya di Indonesia, selain memiliki cita rasa yang enak, ternyata ikan kembung memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Cara pengolahannya pun cukup mudah bisa dibuat pindang, dikukus, ataupun bisa dijadikan ikan asin terlebih dahulu. Kandungan yang terdapat didalamnya yaitu, omega 3, mineral, vitamin D, E, dan masih banyak kandungan lainnya.
Manfaat Ikan Kembung Bagi Kesehatan
1.   Mendukung Imunitas
Kandungan omega 3 yang terdapat dalam ikan kembung berguna sebagai sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dapat juga membantu kerja organ yang telah dilemahkan oleh berbagai macam jenis virus penyakit. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, maka penyakit dan infeksi pun akan dicegah. Manfaat lain dari ikan kembung yaitu dapat dijadikan sebagai makanan yang cocok dikonsumsi oleh orang yang baru sembuh atau yang masih dalam masa perawatan.

2.   Cocok Untuk Penderita Hipertensi
Dalam ikan kembung terdapat kandungan kalium yang berfungsi untuk menormalkan tekanan darah. Untuk itu bagi seseorang non-vegetarian yang menderita hipertensi, dapat menjadikan ikan kembung sebagai menu makanannya tiap hari karena dapat membantu menstabilkan dan menormalkan tekanan darah.

3.   Mencegah Penyakit Jantung
Omega 3 merupakan kandungan yang sangat berguna untuk mencegah penyakit jantung. Selain memiliki kandungan polyunsaturated acid dan asam lemak tak jenuh tunggal, ternyata ikan kembung mempunyai kandungan lemak jenuh yang rendah. Sehingga, jenis ikan ini dapat dijadikan untuk mencegah terjadinya komplikasi jantung lain diantaranya yaitu, aterosklerosis, aritmia, stroke, dan serangan jantung.

4.   Mencegah Diabetes
Ikan kembung bisa juga digunakan untuk mengurangi resiko terkena penyakit diabetes (kencing manis), karena didalamnya terkandung lemak sehat yaitu asam lemak tak jenuh tunggal. Dengan mengkonsumsi ikan ini secara rutin dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, selain itu dapat juga mengurangi lemak visceral.

5.   Menurunkan Berat Badan
Makanan ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Menurut penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang secara teratur mengkonsumsi minyak ikan kembung dapat menurunkan lemak dalam tubuh lebih cepat, agar hasilnya lebih maksimal cobalah untuk berolahraga secara rutin juga.

6.   Menurunkan Kolestrol
Kandungan omega 3 dalam ikan kembung berfungsi menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh, karena jika kita memiliki kolestrol yang berlebihan akan berdampak buruk pada kesehatan.

7.   Mencegah Kanker Payudara
Salah satu jenis kanker ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi ikan kembung secara teratur, karena kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat didalamnya dapat melawan berbagai macam penyakit seperti, kanker payudara, kanker usus besar, ginjal, dan kanker prostat.

8.   Mengobati Kanker Usus
Salah satu makanan yang dapat membantu pengobatan kanker usus adalah ikan kembung. Kandungan vitamin D yang terdapat didalamnya dapat membantu penderitanya tetap bertahan hidup dan juga dapat meningkatkan kesehatan tubuhnya.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 8:59 AM

0 komentar:

Post a Comment