Home » , » 8 Manfaat Menakjubkan Susu Kedelai

8 Manfaat Menakjubkan Susu Kedelai

Dalam secangkir susu kedelai yang masih murni (belum mengalami pengayaan), memiliki kandungan diantaranya yaitu, 4,5 gram lemak, 7 gram protein, tidak mengandung kolestrol, dan 4 gram karbohidrat. Oleh karena itu, susu kedelai sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.
Manfaat Menakjubkan Susu Kedelai
Beberapa manfaat susu kedelai yaitu :
1.   Mencegah Osteoporosis
Susu kedelai memiliki kandungan phytoestrogen yang berguna mencegah hilangnya masa tulang dan membantu penyerapan kalsium lebih cepat. Agar khasiatnya dapat dirasakan oleh tubuh, cobalah membeli susu kedelai yang mempunyai kandungan vitamin D.

2.   Kesehatan Jantung
Susu kedelai bisa dijadikan minuman untuk menjaga jantung agar tetap sehat, karena jenis susu ini jumlah lemak jenuhnya sangatlah sedikit. Kandungan lemak yang terdapat dalam susu kedelai yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

3.   Menurunkan Berat Badan
Jika dibandingkan dengan susu sapi, dalam secangkir susu kedelai hanya terdapat 7 gram gula sedangkan susu sapi memiliki 10 gram gula. Oleh karena itu, jumlah kalori dalam susu kedelai lebih sedikit dari susu sapi. Disamping itu, kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai berguna untuk menghambat penyerapan lemak di bagian usus. Susu kedelai sangat cocok diminum bagi Anda yang sedang menjalankan program diet karena dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga berat badan pun akan turun lebih cepat.

4.   Mencegah Diabetes Mellitus
Penyakit diabetes mellitus disebabkan oleh kekurangan insulin dalam tubuh yang dapat mengakibatkan kelainan metabolisme pada protein, air, karbohidrat, elektrolit, dan lemak. Jika dibandingkan dengan susu yang berprotein hewani, protein susu kedelai lebih mudah diterima oleh organ ginjal, sehingga susu jenis ini cocok diminum oleh penderita diabetes mellitus. Selain itu, kandungan asam amino arginine dan asam amino glisine yang terkandung dalam susu kedelai berguna untuk menyeimbangkan hormon insulin.

5.   Mencegah Migraine
Migraine merupakan penyakit yang bersifat idiopatik (timbul sendiri tanpa mengetahui penyebabnya). Jenis penyakit ini biasa kita kenal juga dengan sakit kepala sebelah yang berulang-ulang. Jika dibandingkan dengan pria, wanita lebih mudah terkena migraine, itu disebabkan pada wanita terdapat siklus hormonal. Susu kedelai memiliki kandungan vitamin B kompleks (kecuali B12), asam amino (terutama lisin), dan mineral (terutama kalium). Sehingga dengan mengkonsumsi susu kedelai dapat meredakan dan mecegah terjadinya migraine.

6.   Mencegah Kanker Prostat
Kandungan phytoestrogen yang terdapat dalam susu kedelai sangatlah banyak, jenis hormon tanaman ini dapat membantu menghambat produksi hormon testosterone pada kaum pria. Berkurangnya hormon testosterone dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker prostat. Menurut penelitian mengungkapkan, pria yang secara teratur minum susu kedelai lebih kecil terkena kanker prostat.

7.   Minuman Untuk Vegetarian
Susu jenis ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang vegetarian. Karena dapat dijadikan sebagai sumber gizi tinggi untuk perkembangan dan pertumbuhan pada manusia. Kandungan gizi dalam susu kedelai tidak kalah dengan susu sapi, karena didalamnya terkandung banyak nutrisi seperti protein, lemak, magnesium, fosfor, selenium, kalsium, provitamin A, vitamin B1, B2, B6, dan sebagai sumber karbohidrat.

8.   Sumber Protein
Seperti telah kita ketahui bahwa susu kedelai memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Salah satunya yaitu dapat dijadikan sebagai sumber protein. Jumlah protein dalam susu kedelai hampir sama dengan susu sapi. Untuk itu bagi Anda yang ingin mempunyai tubuh yang sehat, cobalah mengkonsumsi susu kedelai tiap hari.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 8:59 AM

0 komentar:

Post a Comment