Home » , , » 8 Khasiat Dahsyat Mentimun Untuk Kesehatan

8 Khasiat Dahsyat Mentimun Untuk Kesehatan

Jenis sayuran ini tumbuh subur di Indonesia. Karena cocok dengan wilayah yang beriklim tropis. Tahukah Anda bahwa mentimun mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, karena dalam sayuran ini banyak kandungan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
8 Khasiat Dahsyat Mentimun Untuk Kesehatan
1. Banyak Kandungan Air
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang manfaat minum air putih.
Didalam mentimun terdapat banyak kandungan air. Jadi sayuran ini bisa menghindarkan Anda dari rasa haus. Selain itu, mentimun berfungsi menetralkan toksin dalam tubuh. Sehingga mentimun sangat baik dikonsumsi untuk Anda yang kekurangan asupan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

2. Kesehatan Kulit
Pada artikel lainnya telah kami informasikan tentang cara menjaga kesehatan kulit.
Ternyata jenis sayuran ini dapat digunakan dibidang kecantikan, khususnya untuk perawatan kulit. Jika Anda mempunyai kerutan pada kulit, cobalah untuk menggunakan mentimun, karena sifat sayuran ini banyak mengandung air jadi sangat baik untuk melembabkan kulit dan membersihkan wajah dari kotoran.

3. Menjaga Kesehatan Otak
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan mengenai kebiasaan yang merusak otak.
Anda ingin mempunyai otak yang sehat, cobalah untuk mengkonsumsi mentimun secara teratur. Karena didalamnya terdapat kandungan zat flavanol ( fisetin ) yang berfungsi untuk meningkatkan memori Anda dan dapat mencegah terjadinya penurunan fungsi otak yang disebabkan oleh faktor usia. Disamping itu, mentimun dapat mencegah resiko terkena penyakit Alzheimer.

4. Mengontrol Berat Badan
Mentimun sangat rendah kalori, bahkan dalam satu cangkir  mentimun hanya terkandung 16 kalori. Jadi jenis sayuran ini sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet atau untuk menjaga berat badan Anda agar tetap ideal. Itu disebabkan serat yang ada dalam mentimun bertekstur seperti gel dalam usus, sehingga memperlambat proses pencernaannya. Selain itu, mentimun kaya akan serat dan akan membuat perut kenyang lebih lama.

5. Mengobati Sariawan
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan mengenai cara mengatasi sariawan.
Penyakit ini memang akan membuat Anda susah makan. Karena akan terasa perih jika terkena makanan. Ternyata mentimun dapat dijadikan solusi alternatif untuk mengatasi sariawan. Itu disebabkan karena dengan mengkonsumsi mentimun akan membuat rongga mulut menjadi dingin dan mampu membantu melawan panas sariawan. Untuk itu, cobalah untuk rutin mengkonsumsi mentimun tiap hari agar sariawan Anda sembuh dan kegiatan makan pun jadi tidak terganggu.

6. Kesehatan Mata
Pada artikel yang lain telah kami informasikan mengenai tips menjaga kesehatan mata.
Sepertinya cara ini sudah banyak yang tahu. Oleh karena itu, apabila mata Anda lelah sesudah dipakai bekerja seharian. Cobalah untuk menggunakan cara ini agar mata menjadi fresh kembali. Caranya cukup mudah, tempelkan irisan mentimun ke mata Anda setiap 3 menit sekali dan lakukan lah cara ini selama 20 menit. Niscaya mata Anda akan kembali segar dan dapat menghindari resiko terkena berbagai macam jenis penyakit mata.

7. Mengatasi Hipertensi
Didalam buah mentimun terdapat kandungan kalium dan magnesium. Zat inilah yang menjadikan sayuran ini dapat menurunkan tekanan darah Anda. Dengan rutin mengkonsumsi mentimun yang masih mentah dan segar dapat membuat tekanan darah Anda menjadi lebih baik dan normal. Untuk itu, bagi Anda yang sedang mengalami hipertensi atau ingin mencegah terjadinya penyakit ini, cobalah secara teratur mengkonsumsi mentimun setiap hari, minimal 1 buah.

8. Kesehatan Ginjal
Kandungan air  yang terdapat dalam mentimun berfungsi sebagai diuretik untuk membersihkan saluran urin beserta ginjal. Jadi, dengan teratur mengkonsumsi sayuran ini dapat menjadikan produksi urin menjadi lebih banyak. Sehingga dapat mengeluarkan racun dan sisa mineral yang tidak diperlukan oleh tubuh. Maka fungsi ginjal pun akan menjadi lebih baik dan kesehatannya terjaga.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 11:57 AM

0 komentar:

Post a Comment