Home » , » 8 Manfaat Jeruk Nipis (Bagian Pertama)

8 Manfaat Jeruk Nipis (Bagian Pertama)

Jeruk nipis merupakan jenis buah yang memiliki rasa yang asam. Ternyata buah ini mempunyai kandungan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai manfaat-manfaat dari jeruk nipis.
8 Manfaat Jeruk Nipis (Bagian Pertama)
1. Mengobati batuk
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang cara mengobati batuk.
Manfaat yang pertama yaitu dapat digunakan untuk mengobati batuk. Cara membuat ramuannya pun cukup mudah. Siapkan 1 sampai 2 buah jeruk nipis berukuran sedang, cuci terlebih dahulu kemudian diperas. Setelah itu, campurkan 1 sendok madu, perasan jeruk nipis, dan berilah sedikit garam, lalu aduklah hingga merata. Minumlah ramuan tadi 2-3 kali dalam sehari.

2. Mengobati Ambeien
Ternyata akar dari pohon jeruk nipis pun bisa dijadikan sebagai obat. Jika Anda sedang mengalami penyakit ambeien. Cobalah untuk mengobatinya dengan cara alternatif ini. Cara meracik ramuannya pun sangat gampang. Pertama, carilah akar pohon jeruk nipis sekitar 10 gram, kemudian cuci dulu sampai bersih. Siapkan rebusan air sebanyak 1 liter, lalu masukkan akar pohon jeruk nipis kedalamnya. Diamkan sekitar ½ jam, setelah itu saringlah rebusan tadi. Minumlah air rebusan tersebut 2-3 kali dalam sehari.

3. Mencegah Diabetes
Dalam buah ini terdapat banyak kandungan serat larut. Kandungan ini sangat berperan untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga efeknya akan mencegah terjadinya penyakit diabetes.

4. Mengatasi Jerawat
Pada artikel lainnya telah kami informasikan mengenai cara menghilangkan jerawat.
Jika Anda ingin mengobati jerawat. Cobalah salah satu cara ampuh ini. Cara mengunakannya yaitu, pertama siapkan 1 buah jeruk nipis yang sudah bersih, potonglah menjadi 2 bagian. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang ada jerawatnya. Selain itu, dapat juga digunakan untuk mencegah timbulnya jerawat, jadi Anda bisa melakukan cara ini secara teratur, agar jerawat tidak mudah tumbuh.

5. Kesehatan Mata
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan mengenai cara menjaga kesehatan mata.
Mata merupakan bagian yang sangat penting sekali. Jadi haruslah kita untuk selalu menjaga kesehatannya. Salah satu menjaga kesahatan mata yang sudah teruji yaitu dengan menggunakan jeruk nipis. Seperti telah kita ketahui, bahwa jenis buah ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak. Sehingga dapat melindungi mata dari berbagai macam penyakit dan mengatasi masalah penglihatan.

6. Mengatasi Hipertensi
Manfaaat jeruk nipis selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengatasi hipertensi. Cara membuat ramuannya yaitu. Pertama siapkan 2 buah jeruk nipis, lalu diperas terlebih dahulu. Kemudian campurkan dengan 30 lembar daun dan kuntum bunga jeruk nipis yang telah dicuci bersih kedalam panci yang telah terisi air sebanyak 3 gelas. Lalu rebuslah campuran tadi sampai airnya tersisa 2 ¼ gelas. Saringlah terlebih dahulu ramuan tadi, kemudian minumlah 2-3 kali dalam sehari. Agar hasilnya lebih maksimal, dapat juga ditambahkan dengan madu.

7. Kesehatan Rambut
Manfaat lainnya dari jeruk nipis yaitu dapat menjaga kesehatan rambut terutama untuk mencegah kerontokan pada rambut. Cara pemakaiannya pun cukup mudah, pertama siapkan 2 buah jeruk nipis lalu potong menjadi 2 bagian, kemudian oleskanlah ke kulit kepala sampai merata. Setelah itu, bungkuslah kepala Anda dengan menggunakan kain atau handuk. Sebaiknya Anda melakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur, kemudian besok paginya baru dikeramas. Lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu. Jika dilakukan secara teratur, rambut Anda akan lebih sehat dan tidak mudah rontok.

8. Mengobati Sakit Gigi
Pada artikel yang lain telah kami informasikan tentang cara mengobati sakit gigi.
Selanjutnya yaitu untuk mengobati sakit gigi. Karena penyakit ini sangat menggangu sekali aktifitas sehari-hari. Untuk itu, cobalah untuk mengunakan cara berikut ini untuk mengatasi sakit gigi. Cara membuat ramuannya yaitu, pertama siapkan 1 buah jeruk nipis, lalu diperas terlebih dahulu. Kemudian siapkan juga bahan lainnya yaitu, 1 sendok makan gilingan legetan warak dan 1 sendok makan gilingan akar kecubung hitam. Lalu campurkan ketiga bahan tersebut kedalam mangkuk dan tambahkanlah dengan ¾ air garam kedalam cangkir, kemudian aduklah hingga merata. Terakhir saringlah campuran tadi dan gunakanlah airnya untuk berkumur selama beberapa menit lalu buang. Lakukanlah cara ini 3-5 kali dalam sehari.


Karena manfaat buah ini sangat banyak, jadi kami akan memberikan informasi mengenai manfaat jeruk nipis bagian kedua, pada artikel selanjutnya.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 10:51 AM

0 komentar:

Post a Comment