Home » , , , » 8 Cara Mudah Mengobati Batuk

8 Cara Mudah Mengobati Batuk

Batuk merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari kita. Oleh karena itu, dianjurkan untuk segera mengobatinya agar cepat sembuh. Berikut ini, kami akan memberikan beberapa informasi mengenai cara mengobati batuk secara alternatif dan mudah dilakukan.
8 Cara Mudah Mengobati Batuk
1. Jeruk Nipis
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang manfaat jeruk nipis.
Cara yang pertama untuk mengobati batuk berdahak adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Cara meraciknya pun cukup mudah. Siapkan 1 sendok makan jeruk nipis yang sudah diperas. Kemudian tambahkan dengan 3 sendok makan madu murni dan 5 sendok makan air matang, lalu diaduk sampai merata dan diamkan terlebih dahulu sekitar 30 menit. Cara meminumnya yaitu 2 kali dalam sehari dan takarannya 1 sendok teh tiap meminumnya.

2. Daun Sirih
Berikutnya yaitu dengan menggunakan bahan daun sirih dan dicampurkan dengan bahan yang lainnya. Cara maraciknya yaitu, siapkan daun sirih sebanyak 5 lembar. Kemudian siapkan juga bahan lainnya seperti, kemukus, cengkeh, kayu manis, dan kapulaga. Lalu rebus semua bahan tadi dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas. Setelah itu, tunggu rebusan bahan tadi hingga hanya tersisa 1 ½ gelas. Angkat dan saring ramuan yang telah direbus tadi dan minumlah 3 kali dalam sehari dengan takaran 1 sendok makan tiap meminumnya.

3. Bunga Belimbing Wuluh
Cara alternatif selanjutnya yaitu dengan menggunakan bunga belimbing wuluh. Cara meraciknya yaitu, siapkan 1 genggam bunga belimbing wuluh, lalu campurkan dengan bahan lainnya seperti, gula, secangkir air, dan beberapa butir adas. Aduklah hingga merata. Kemudian saring ramuan tadi dan setelah dingin minumlah. Apabila dilakukan secara rutin batuk berdahak bisa cepat teratasi.

4. Daun Asam Muda
Tahukah Anda bahwa daun asam muda dapat menyembuhkan batuk kering. Cara membuat ramuannya pun cukup mudah yaitu, siapkan daun asam muda sebanyak ½ genggam, lalu campurkan dengan gula batu secukupnya, daun saga manis, dan kayu manis. Rebuslah campuran bahan tadi sampai mendidih dengan menggunakan api yang kecil. Setelah itu, saringlah dan minumlah ramuan tadi secara rutin tiap hari.

5. Bunga Mawar
Ternyata bunga mawar tidak hanya digunakan untuk mempercantik halaman rumah Anda. Tetapi dapat juga digunakan untuk mengobati batuk. Cara meraciknya yaitu, siapkan 10 gram bunga mawar, lalu campurkan dengan air secukupnya saja dan gula batu sesuai selera masing-masing. Kemudian aduklah hingga merata. Setelah itu, minumlah ramuan tadi 2 kali dalam sehari.

6. Daun Kemangi
Cara mengobati batuk berdahak selanjutnya yaitu dengan menggunakan daun kemangi. Cara membuatnya pun sangat gampang. Pertama siapkan 2-3 daun kemangi, lalu rebuslah dengan menggunakan 1-2 gelas air putih. Setelah itu, minum ramuan tadi ketika masih hangat secara rutin tiap hari.

7. Kunyit
Memang cara ini sudah terbukti ampuh. Karena kunyit merupakan tanaman yang kaya akan manfaat. Cara membuat ramuannya yaitu, siapkan 1 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan tambahkan juga madu. Campurkan bahan tadi kedalam 1 gelas susu. Jika dilakukan secara teratur, batuk akan cepat sembuh.

8. Jahe
Cara mengobati batuk yang terakhir yaitu dengan menggunakan jahe. Tanaman ini merupakan jenis rempah-rempah yang mempunyai segudang khasiat dan manfaat. Cara meraciknya yaitu, siapkan jahe, lalu irislah. Kemudian campurkan dengan teh dan air. Minumlah ramuan tadi 2 kali dalam sehari.
Pada artikel yang lain telah kami informasikan tentang Khasiat Jahe.


Itulah beberapa cara mengobati batuk secara alami. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bermanfaat. Untuk Anda yang sedang menderita penyakit batuk, semoga cepat sembuh, agar aktifitas sehari-hari dapat berjalan dengan lancar.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 9:07 AM

0 komentar:

Post a Comment