Home » , , » 8 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

Artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat wortel bagi kesehatan tubuh. Seperti telah kita ketahui bahwa jenis sayuran ini mempunyai kandungan vitamin A yang sangat banyak, tetapi tidak hanya itu wortel memiliki zat kandungan nutrisi lainnya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.
8 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh
1. Kesehatan Mata
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang tips menjaga kesehatan mata.
Sepertinya manfaat yang pertama ini sudah banyak yang mengetahuinya karena memang wortel memiliki kandungan betakaroten yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A dalam hati. Sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, dengan mengkonsumsi wortel secara teratur dapat mencegah terjadinya penyakit mata seperti katarak. Menurut para peneliti, mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung betakaroten dapat mengurangi resiko terkena degenerasi makula sebanyak 40% jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsinya.

2. Mencegah Stroke
Jika Anda ingin terhindar dari penyakit stroke, cobalah untuk secara rutin mengkonsumsi wortel. Karena menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard mengungkapkan bahwa orang yang terbiasa mengkonsumsi 6 buah wortel satu minggu dapat mengurangi resiko terkena stroke jika dibandingkan dengan orang yang hanya mengkonsumsi 1 buah wortel per bulan.

3. Mencegah Kanker
Orang yang rajin mengkonsumsi wortel dapat mencegah terjadinya penyakit kanker seperti kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker payudara. Karena didalam wortel terdapat kandungan fosfor, betakaroten, dan hidrat arang. Zat ini sangat berperan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit kanker. Dengan mengkonsumsi 2 buah wortel tiap hari, dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara. Selain itu, menurut para peneliti mengungkapkan bahwa dalam wortel terdapat zat falcarinol dan falcarindiol. Zat tersebut berperan sebagai zat antikanker.

4. Kesehatan Jantung
Manfaat wortel selanjutnya yaitu berperan untuk menjaga kesehatan jantung. Jika Anda mengkonsumsi 6 buah wortel tiap minggu, dapat mengurangi kolestrol jahat yang ada dalam tubuh. Sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Selain itu, jenis sayuran ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengatasi hipertensi. Sehingga otomatis kesehatan jantung pun akan terjaga.

5. Kesehatan Ginjal
Ternyata wortel berperan juga untuk menjaga kesehatan ginjal. Caranya yaitu dengan dibuat jus. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki ginjal yang sehat, cobalah untuk mengkonsumsi jus wortel secara teratur.

6. Kesehatan Kulit
Pada artikel yang lain telah kami informasikan mengenai cara menjaga kesehatan kulit.
Kandungan vitamin A dan zat pendukung lainnya yang ada dalam wortel sangat berperan untuk menjaga kesehatan kulit, seperti untuk menghilangkan noda hitam yang diakibatkan oleh pigmentasi. Cara pemakaiannya bisa dengan dimakan langsung atau bisa juga dengan dibuat masker. Selain itu, zat antioksidan yang ada dalam wortel berperan sebagai zat untuk mencegah penuaan dini. Dengan mengkonsumsi wortel secara teratur, dapat mencegah terjadinya berbagai macam penyakit kulit.

7. Kesehatan Untuk Ibu Hamil
Ternyata dengan mengkonsumsi wortel dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungannya. Seperti dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI, menjaga kesuburan kandungan, dan menjaga kesehatan janin. Untuk itu, bagi ibu hamil, disarankan untuk mengkonsumsi wortel secara teratur agar kesehatan ibu dan buah hati terjaga.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat wortel yang terakhir yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Didalam wortel terdapat zat antioksidan yang sangat berperan sebagai penangkal radikal bebas. Selain itu, dengan mengkonsumsi wortel dicampur ketumbar dapat mencegah serangan dari berbagai jenis virus berbahaya. Caranya yaitu dengan menambahkan ketumbar kedalam sup wortel. Jika dikonsumsi secara teratur, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya berbagai macam jenis penyakit.


Itulah beberapa manfaat wortel untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu cobalah mengkonsumsi wortel secara teratur karena memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, apabila Anda ingin membeli wortel, carilah wortel lokal dan yang masih segar.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 10:39 AM

0 komentar:

Post a Comment