Home » , , » 8 Cara Mengobati Sakit Gigi

8 Cara Mengobati Sakit Gigi

Menurut para peneliti sakit gigi bisa saja merupakan gejala awal dari penyakit stroke dan jantung. Oleh sebab itu, Anda diharuskan untuk segera mengobatinya agar tidak berkembang menjadi penyakit berbahaya lainnya.
Sakit gigi bisa membuat penderitanya susah tidur, karena dapat menyebabkan pusing dibagian kepala. Biasanya kerusakan pada gigi diakibatkan perilaku buruk penderitanya, seperti jarang menggosok gigi dan juga tidak menjaga pola makannya.
Sebenarnya obat untuk mengobati sakit gigi banyak sekali. Salah satunya adalah dengan menggunakan air hangat yang dicampurkan dengan sedikit garam, cara tersebut dapat mengurangi efek nyeri pada gigi, tapi tidak sepenuhnya menyembuhkan sakitnya. Malahan ada sebagian orang yang merasakan sakit lebih parah, karena ada beberapa orang yang mempunyai gigi yang sensitif. Oleh karena itu, solusinya adalah dengan menggunakan ramuan obat yang mudah didapatkan dari alam. Beberapa obatnya akan kami bagikan informasinya kali ini.
8 Cara Mengobati Sakit Gigi
1.   Bawang Putih
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang khasiat bawang putih.
Cara mengobati dengan menggunakan bawang putih caranya ada dua, yang pertama yaitu, kupas dulu kulit luar bawangnya, lalu tumbuklah sampai halus. Selanjutnya tempelkan pada bagian luar gigi, diamkan selama beberapa saat. Cara yang kedua yaitu, siapkan bawang putih lalu cuci terlebih dahulu dengan air hangat. Setelah itu kunyahlah bawang putih tadi selama beberapa menit, lalu buanglah. Pilihlah salah satu cara tadi yang mudah Anda lakukan. Jika pengobatannya dilakukan secara rutin sakit gigi akan cepat sembuh.

2.   Bunga Matahari
Selanjutnya yaitu dengan mengunakan bunga matahari. Caranya, pertama siapkan dahulu bahan-bahannya yaitu, jahe (5 gram), air bersih (600 cc), dan bunga matahari (50 gram). Rebuslah bahan-bahan tadi sampai hanya tersisa air sekitar 300 cc saja. Saringlah terlebih dulu, kemudian minumlah selagi masih hangat.

3.   Daun Cengkeh
Cara mengobati dengan daun cengkeh yaitu, siapkan daun cengkeh kemudian cuci sampai bersih. Kemudian masukkan daun cengkeh ke dalam segelas air hangat, lalu lumatkanlah. Peraslah ramuan tadi dengan menggunakan kain. Celupkan kapas ke air perasan, lalu tempel dan gosokkan ke area gigi yang sakit.

4.   Cabe Rawit
Anda bisa menggunakan cabe rawit merah atau hijau. Caranya yaitu, Siapkan cabe rawit secukupnya, lalu tumbuklah. Rebuslah cabe rawit yang telah ditumbuk ke dalam air panas. Celupkan kapas, lalu angkat lagi. Kemudian tempelkan pada bagian gigi yang sakit, atau bisa juga air rebusan tadi digunakan untuk berkumur.

5.   Akar Kangkung
Ternyata akar kangkung bisa juga digunakan sebagai cara alternatif untuk menyembuhkan sakit gigi. Caranya yaitu, siapkan kangkung sekitar satu genggam dan ½ sendok teh cuka. Rebuslah kedua bahan tadi dengan menambahkan segelas air. Kemudian dinginkan terlebih dahulu, lalu gunakanlah airnya untuk berkumur.

6.   Serai
Cara ini mudah dilakukan karena serai sangat mudah didapatkan. Cara meracik ramuannya pun cukup mudah, pertama siapkan 2 gelas air matang dan 40 gram serai. Rebuslah sampai airnya hanya tersisa sekitar 1 gelas saja. Gunakanlah air rebusan tadi untuk berkumur.

7.   Getah Jarak
Cara mengobati dengan getah jerak yaitu, siapkan getah jarak secukupnya lalu teteskan pada bagian gigi yang sakit atau berlubang. Anda bisa juga menggunakan kapas yang telah ditetesi getah jarak, lalu selipkan pada bagian gigi yang berlubang.

8.   Minyak Batok Kelapa
Cara yang terakhir yaitu dengan menggunakan minyak batok kelapa. Pertama siapkan dulu batok kelapa yang telah terbagi menjadi dua. Kemudian ambil satu bagian batok kelapa, lalu bakarlah hingga minyaknya keluar. Tempelkan minyak tadi dengan menggunakan kapas ke bagian gigi yang sakit. Diamkan sejenak sampai bereaksi. Menurut sebagian orang, obat ini sangat manjur dan cepat menyembuhkan sakit gigi.

Apabila dengan cara pengobatan tradisional tadi tidak bisa sembuh, cobalah untuk mendatangi dokter spesialis gigi dan mintalah solusi penyembuhan.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 10:52 AM

0 komentar:

Post a Comment