Home » , » 8 Khasiat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

8 Khasiat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Minyak zaitun merupakan minyak yang dihasilkan dari buah zaitun. Kandungan lemak tak jenuh tinggi didalam minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena merupakan salah satu minyak yang sehat. Minyak jenis ini sering digunakan untuk pembuatan bahan kosmetik dan bisa juga untuk menjaga kesehatan rambut. Manfaat dari minyak zaitun sangat banyak sekali. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa manfaat minyak zaitun untuk menjaga kesehatan tubuh.
8 Khasiat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan
1. Melembabkan Bibir
Khasiat yang pertama dari minyak zaitun yaitu dapat digunakan untuk melembabkan bibir. Cara pemakaiannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu untuk mencampurkan minyak zaitun dengan beeswax (lilin alami yang dihasilkan dari sarang lebah). Kemudian oleskan pada bibir. Jika dilakukan secara rutin, bibir akan terjaga kesehatannya dan terhindar dari kekeringan pada bibir.

2. Kesehatan Usus
Jika Anda ingin memiliki usus yang sehat, maka cobalah untuk memakai minyak zaitun. Senyawa yang ada dalam minyak zaitun yaitu Oleuropein Aglycone berfungsi untuk melancarkan suplai darah ke usus. Selain itu, senyawa ini berguna juga untuk mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan usus yang disebabkan oleh kekurangan aliran darah dalam sel atau yang biasa disebut dengan gejala iskemia. Dengan terjaganya kesehatan usus, maka pencernaan pun akan lebih sehat dan lancar.

3. Mengurangi Kolestrol Jahat
Kandungan lemak tak jenuh yang ada dalam minyak zaitun berfungsi untuk mengurangi kolestrol jahat yang ada dalam tubuh. Selain itu, kandungan ini dapat meningkatkan produksi kolestrol baik yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Sehingga kesehatan pun akan terjaga salah satunya yaitu dapat membuat jantung menjadi lebih sehat.

4. Menangkal Radikal Bebas
Kandungan aktioksidan polifenol yang terdapat dalam minyak zaitun berguna untuk menangkal radikal bebas. Zat ini dapat membantu detoksifikasi molekul tidak seimbang dalam tubuh. Sehingga dapat mencegah terjadinya berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

5. Kesehatan Kulit
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan mengenai cara menjaga kesehatan kulit.
Minyak zaitun dapat dijadikan juga untuk menjaga kesehatan kulit. Seperti dapat mencegah terjadinya penuaaan dini, regenerasi sel-sel kulit mati, dan menghilangkan flek pada wajah. Cara pemakaian untuk regenerasi sel-sel kulit mati yaitu dengan mencampurkan minyak zaitun dan garam atau gula, kemudian oleskan ke area kulit. Dengan memakai cara ini dapat membuat pertumbuhan sel-sel kulit yang baru menjadi lebih cepat. Cara pemakaian untuk menghilangkan flek pada wajah yaitu dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke area wajah. Setelah itu, diamkan selama 4-5 menit. Kemudian uapkan terlebih dahulu. Jika dilakukan secara rutin flek pada wajah akan hilang dengan cepat.

6. Mencegah Diabetes
Khasiat minyak zaitun selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes. Karena kandungan yang ada didalamya dapat menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga sangat ampuh untuk mengurangi resiko terkena penyakit diabetes melitus.

7. Kesehatan Rambut
Sepertinya cara ini sudah banyak yang tahu. Karena minyak zaitun memang sering digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Diantaranya dapat mencegah terjadinya kerusakan pada rambut, mencegah kerontokan, memanjangkan rambut, dan bisa juga untuk menebalkan rambut.

8. Mencegah Kanker
Khasiat minyak zaitun yang terakhir yaitu dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Kandungan antioksidan yang terkandung didalam minyak jenis ini berguna untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Senyawa hidroksitirosol yang terdapat dalam antioksidan minyak zaitun berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya pertumbuhan sel yang tidak normal penyebab terjadinya penyakit kanker.


Itulah beberapa manfaat dan khasiat minyak zaitun untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga informasi yang kali ini kami berikan bermanfaat. Untuk itu, selalu jalankan pola hidup sehat, supaya kesehatan tubuh terjaga, salah satunya dengan memakai minyak zaitun.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 10:20 AM

0 komentar:

Post a Comment