Home » , , » 8 Kebiasaan Yang Merusak Otak

8 Kebiasaan Yang Merusak Otak

Otak mempunyai peranan yang sangat penting dalam tubuh manusia karena dengan otak kita dapat berpikir, menciptakan ide, dan masih banyak lagi fungsi otak lainnya. Tetapi tanpa kita sadari, perilaku berikut ini dapat merusak otak Anda.
8 Kebiasaan Yang Merusak Otak
1. Telat Sarapan Pagi
Bagi Anda yang sering lupa sarapan pagi, harap hati-hati karena perilaku ini dapat merusak otak Anda karena dapat mengakibatkan kadar gula rendah dan menyebabkan asupan nutrisi ke otak menjadi terganggu. Untuk itu cobalah untuk meluangkan waktu sarapan pagi, minimal roti dan teh di pagi hari sebelum beraktifitas.

2. Merokok
Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang bahaya merokok, dan ternyata kebiasaan buruk ini juga dapat merusak otak Anda karena dapat menyebabkan penyususutan pada otak. Selain itu, merokok dapat menimbulkan penyakit Alzheimer. Oleh karena itu, hindari kebiasaan buruk ini karena memang tidak ada manfaatnya.

3. Mengkonsumsi Gula Berlebihan
Ternyata perilaku ini juga dapat merusak otak Anda karena dengan mengkonsumsi gula berlebihan dapat mengganggu asupan nutrisi dan protein sehingga akan terjadi ketidakseimbangan gizi yang dapat menimbulkan gangguan pada perkembangan otak. Jadi kurangilah konsumsi gula secara berlebihan supaya perkembangan otak Anda tidak terganggu.

4. Lingkungan Yang Kotor
Tinggal di tempat yang kotor dapat menyebabkan kerusakan pada otak karena kita banyak menghirup udara kotor yang dapat menyebabkan suplai oksigen ke dalam otak menurun sehingga membuat kinerja otak terganggu. Bagi Anda yang tinggal di lingkungan yang polusi udaranya kotor, disarankan untuk memakai masker.

5. Kurang Tidur
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan mengenai cara mengatasi insomnia.
Otak juga perlu istirahat, karena manusia itu bukan robot . Jika Anda mempunyai kebiasaan Kurang tidur dapat menyebabkan kerusakan sel-sel pada otak. Untuk itu, biasakanlah untuk tidur 6-8 jam sehari untuk memulihkan tenaga dan menjaga kesehatan otak Anda.

6. Jarang Berkomunikasi
Jarang berkomunikasi dapat mengakibatkan efisiensi pada otak berkurang karena intelektual Anda tidak terlatih. Oleh sebab itu, biasakanlah untuk berkomunikasi karena dapat membuat otak Anda lebih sehat dan terlatih.

7. Banyak Makan
Hindari kebiasaan ini karena dapat mengakibatkan kemampuan otak Anda menurun. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi, dapat menyebabkan pengerasan pada pembuluh darah otak.

8. Kurang Menstimulasi Otak
Gunakanlah otak Anda untuk berpikir karena apabila otak tidak digunakan dapat mengakibatkan mengkerutnya otak. Untuk melatih kinerja otak Anda cobalah selalu menemukan sesuatu ide atau inovasi baru supaya otak terlatih dan dapat berkinerja dengan baik.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 7:48 AM

0 komentar:

Post a Comment