Home » , , » 8 Cara Alami Melancarkan Pencernaan

8 Cara Alami Melancarkan Pencernaan

Apabila pencernaan bermasalah, maka Anda harus hati-hati karena kebiasaan ini akan beradampak buruk pada kesehatan Anda. Untuk itu, jika mengalami susah buang air besar, Anda harus dengan cepat mengatasinya supaya pencernaan menjadi lancar kembali dan kesehatannya terjaga juga. Cara pengobatannya pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan berkonsultasi dengan dokter, membeli obat yang di jual di warung atau dengan menggunakkan cara alami dan mudah yang akan kami informasikan kali ini.
8 Cara Alami Melancarkan Pencernaan
1. Bayam
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang manfaat bayam.
Cara alami mengatasi masalah pencernaan yang pertama yaitu dengan mengkonsumsi jenis sayuran ini. Bayam mengandung serat dan zat besi. Seperti telah kita ketahui, bahwa makanan yang memiliki serat dapat dijadikan untuk melancarkan pencernaan. Untuk itu, konsumsilah bayam secara teratur supaya pencernaan Anda menjadi sehat. Selain itu sayuran ini sangat bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Wortel
Pada artikel lainnya telah kami informasikan tentang manfaat wortel.
Kandungan yang terdapat dalam wortel sangat banyak sekali diantaranya yaitu, magnesium, kalsium, fosfor, sodium, kalium, zat besi, vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, dan C. Jenis sayuran ini merupakan asupan yang sangat baik untuk tubuh karena memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Wortel biasanya digunakan untuk menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kanker, dan menurunkan kolestrol. Ternyata sayuran ini bisa juga digunakan untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar karena dalam wortel terdapat kandungan serat yang sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan.

3. Mengkonsumsi Air Putih
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan mengenai manfaat minum air putih.
Air putih memang sangat berperan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan minum air putih yang cukup dapat menghindari berbagai macam jenis penyakit. Biasanya masalah pencernaan bisa juga disebabkan oleh kekurangan cairan dalam tubuh. Jadi, dengan mengkonsumsi air putih 8 gelas perhari dapat membantu melunakkan feses. Sehingga pencernaan bisa menjadi lancar kembali.

4. Pepaya
Pada artikel lainnya telah kami informasikan mengenai manfaat pepaya.
Jika Anda sedang mengalami susah buang air besar, cobalah cara alternatif ini yaitu dengan mengkonsumsi buah pepaya. Apabila dilakukan secara teratur, dapat dengan cepat melancarkan pencernaan karena dalam buah ini terdapat kandungan yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan Anda.

5. Olahraga Teratur
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan mengenai manfaat olahraga.
Dengan berolahraga secara teratur dapat membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Karena bisa merangsang kinerja otot-otot dalam usus, sehingga akan membuat proses pembuangan kotoran menjadi lebih mudah dilakukan. Anda bisa mencobanya dengan olahraga yang ringan saja seperti, lari pagi, senam, renang, atau dengan olahraga yang Anda sukai.

6. Kubis
Kandungan yang terdapat dalam kubis yaitu, vitamin A, B, C, dan E. Selain itu, jenis sayuran ini memiliki kandungan serat yang sangat banyak, sehingga bisa juga dijadikan untuk mengatasi masalah pencernaan. Untuk itu, konsumsilah kubis secara rutin agar pencernaan Anda menjadi lebih sehat.

7. Hindari Stress
Perilaku ini memang harus Anda hindari karena dapat membahayakan kesehatan Anda. Kebiasaan buruk ini juga dapat mengakibatkan masalah pada pencernaan karena bisa melambatkan dan meningkatkan gerakan peristaltis. Apabila gerakan peristaltis melambat akan mengakibatkan perut begah, sembelit, dan nyeri. Sedangkan jika gerakan peristaltis meningkat akan menyebabkan terjadinya masalah diare.

8. Berhenti Merokok
Pada artikel yang lain telah kami informasikan tentang bahaya merokok.
Kebiasaan buruk ini juga harus Anda hindari. Merokok memang sudah menjadi kebiasaan yang sulit ditinggalkan apabila sudah kecanduan. Padahal rokok merupakan sumber terjadinya berbagai macam jenis penyakit. Tahukah Anda, bahwa dengan merokok dapat juga menghambat proses pencernaan. Itu disebabkan meningkatnya produksi asam lambung. Didalam pencernaan terdapat esophagus, fungsinya untuk membantu menggerakkan makanan dari faring menuju ke lambung dengan gerakan peristaltis. Dengan merokok dapat menganggu fungsi esophagus dan akan mengakibatkan iritasi dalam pencernaan. Untuk itu, bagi Anda yang ingin pencernaannya sehat, berhentilah merokok dari sekarang karena kebiasaan buruk ini tidak ada manfaatnya, malahan dapat menimbulkan banyak penyakit.


Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi masalah pencernaan. Anda bisa mencoba beberapa cara yang telah kami informasikan tadi. Selain itu, supaya pencernaan sehat, haruslah dibarengi dengan pola hidup yang sehat setiap hari. Untuk itu, segeralah atasi masalah pencernaan Anda supaya aktifitas sehari-hari menjadi tidak terganggu dan sistem pencernaan terjaga kesehatannya.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 9:35 AM

1 komentar:

  1. Artikel yang menarik..
    Mampir ke blog http://ken-tang.blogspot.com/
    Butuh dukungan dari para master.. :3

    ReplyDelete