Home » , , » 8 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Olahraga sudah menjadi kebutuhan pokok untuk kehidupan setiap manusia. Selain mudah dilakukan olahraga juga dapat dilakukan tanpa mengeluarkan biaya. Olahraga juga bisa dilakukan dimana saja, bisa didalam ruangan ataupun luar ruangan.
8 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh
1. Jantung Akan Bekerja Lebih Baik
Dengan sering berolahraga bisa membuat jantung Anda sehat, dan kegiatan sehari-hari pun akan lebih efektif, karena dengan berolahraga bisa mengurangi plak yang ada di pembuluh darah yang dapat menyebabkan terganggunya aliran darah. Maka dengan rajin berolahraga jantung pun akan bekerja lebih baik.

2. Meningkatkan Kapasitas Otak
Pada artikel lainnya telah kami informasikan tentang kebiasaan yang merusak otak.
Berolahraga dapat membuat kemampuan otak meningkat, karena formasi sel-sel otak (neuron) yang baru terbentuk distimulasi, yang biasa kita sebut dengan neurogenesis. Berolahraga juga menjadikan koneksi antar sel-sel tersebut menjadi lebih kuat. Menurut para peneliti, area otak yang sering terstimulasi saat berolahraga yaitu area yang berhubungan dengan pembelajaran dan ingatan. Selain itu, olahraga fisik dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Menurut studi pun telah memastikan, dengan berolahraga secara rutin dapat mengurangi resiko pikun ( berkurangnya kemampuan mengingat dan berpikir ). 

3. Mengurangi Stress
Anda disibukkan dengan aktifitas sehari-hari yang berat, mungkin dengan berolahraga dapat membuat pikiran Anda lebih jernih karena dapat membuat konsentrasi Anda tidak memikirkan kegiatan yang berat tersebut. Aktifitas yang telah terbukti dapat mengurangi ketegangan otak dan pikiran adalah dengan melakukan kegiatan bersepeda, lari pagi, berjalan kaki, dan yoga. 

4. Melawan Penyakit
Dengan rutin berolahraga tubuh pun akan lebih sehat dan bugar, itu karena metabolisme tubuh akan menjadi lebih lancar, penyaluran dan penyerapan nutrisi akan menjadi lebih baik. Menurut sejumlah riset , bahwa olahraga dapat menjadi pelindung tubuh untuk melawan ancaman dari penyakit, seperti hipertensi, diabetes, stroke dan penyakit jantung.

5. Kesehatan Kulit
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan mengenai cara menjaga kesehatan kulit.
Aliran darah ke jaringan tubuh menjadi lebih baik, bahkan  dapat membuat kulit lebih sehat. Karena dengan berolahraga, aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi bisa menjadikan sel-sel kulit menjadi semakin sehat, dan sisa pembuangan metabolisme, toksin dan radikal bebas di proses dengan lebih baik akan membuat sel-sel kulit menjadi lebih sehat. Olahraga juga dapat mencegah penyakit kulit seperti eksim, jerawat, dan penyakit kulit lainnya.

6. Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik
Anda mengalami susah tidur / insomnia, cobalah untuk berolaharaga karena dapat membuat tidur lebih nyenyak dan aktifitas sehari-hari pun menjadi lebih baik. Untuk itu lakukanlah olahraga tiga jam sebelum tidur, karena dapat membuat detak jantung, otot hingga otak bekerja lebih baik, sehingga pikiran akan lebih tenang dan tidur pun dapat lebih nyenyak.

7. Menjaga Berat Badan
Apabila Anda mengalami masalah dengan berat badan, cobalah rutin berolahraga secara teratur, karena akan menjadikan tubuh Anda terjaga dan ideal. Sebab olahraga akan mengurangi lemak yang ada dalam tubuh. Jadi rajinlah berolahraga supaya berat badan Anda terjaga.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Rutin berolahraga akan membuat hormon di dalam tubuh meningkat, seperti hormon serotinin dan adrenalin. Fungsi hormon tersebut adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, apabila hormon tersebut meningkat, dapat membuat daya tahan tubuh meningkat dan lebih kuat.


Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 7:56 AM

0 komentar:

Post a Comment