Home » , » 8 Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh

Renang merupakan jenis olahraga air yang sangat populer, disetiap perlombaan seperti Olimpiade, Asian Games, dan Sea Games, pasti terdapat cabang olahraga ini dan memperebutkan emas yang sangat banyak karena dalam renang terdapat banyak gaya.
Ternyata renang mempunyai manfaat yang sangat dahsyat untuk kesehatan tubuh jika dilakukan dengan benar dan teratur. Disamping itu, olahraga ini sangat disarankan untuk orang yang kelebihan berat badan, penderita gangguan tulang (arthritis), dan ibu hamil.
Berikut ini beberapa manfaat renang bagi kesehatan tubuh.
Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh
1.   Melangsingkan Tubuh
Bagi Wanita yang ingin mempunyai tubuh yang langsing cobalah untuk melakukan renang secara rutin, karena renang terbukti efektif untuk membakar lemak dalam tubuh. Agar hasilnya lebih maksimal cobalah mengkombinasikan dengan olahraga lainnya seperti senam.

2.   Menambah Tinggi Badan
Dengan memiliki tinggi badan yang ideal dapat meningkatkan kepercayaan diri. Salah satu solusi peninggi badan yang efektif dan mudah dilakukan adalah renang. Tetapi syaratnya Anda harus masih dalam usia masa pertumbuhan.

3.   Pembentukan Otot
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan mengenai Makanan Pembentuk Otot Tubuh.
Pada saat melakukan olahraga renang, hampir semua otot-otot dalam tubuh digerakkan. Karena saat melakukan gerakan dalam air, kita harus mengeluarkan energi yang cukup besar. Oleh sebab itu, dengan berenang dapat membantu pembentukan dan  meningkatkan kekuatan otot.

4.   Menghilangkan Stress
Salah satu olahraga yang bisa membantu menjernihkan pikiran adalah dengan berenang. Karena dengan berenang dapat merilekskan tubuh dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Untuk itu, bagi Anda yang sering disibukkan dengan aktifitas sehari-hari yang padat, cobalah pada waktu senggang untuk berenang, supaya pikiran fresh kembali.

5.   Melancarkan Aliran Darah Bagi Ibu Hamil
Renang sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh dan melatih pernapasan. Jadi, pada saat persalinan dapat berjalan dengan lancar.

6.   Melatih Pernapasan
Berenang terbukti ampuh untuk melatih pernapasan dan sangat dianjurkan bagi orang yang menderita penyakit asma agar sistem cardiovascular dan pernapasannya menjadi lebih baik. Hasilnya, pernapasan akan lebih panjang dan lancar.

7.   Kesehatan Jantung Dan Paru-paru
Gerakan renang yang dilakukan secara benar dapat melancarkan sistem aliran darah dalam tubuh. Sehingga paru-paru dan jantung akan bekerja lebih baik. Renang juga bisa dikategorikan sebagai latihan aerobik yang dilakukan di air.

8.  Efektif Untuk Membakar Kalori
Dengan berenang dapat membakar kalori dalam tubuh sekitar 24 %. Untuk itu, bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, sangat disarankan untuk melakukan jenis olahraga air ini.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 9:45 AM

0 komentar:

Post a Comment