Home » , , » 8 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

8 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

Pepaya banyak ditemukan di daerah beriklim tropis seperti Indonesia, karena dapat tumbuh diberbagai wilayah. Pepaya dapat digunakan sebagai obat dari akar, daun dan buahnya.
Buah pepaya apabila sudah matang rasanya manis dan enak dan apabila masih muda dapat kita gunakan untuk membuat sayur. Disamping itu daunnya juga dapat dijadikan lalapan yang enak.
8 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan
1. Kesehatan Kulit
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang cara menjaga kesehatan kulit.
Dalam buah ini terdapat kandungan vitamin A, C, dan E yang berfungsi untuk mencerahkan, menyegarkan dan melembakan kulit. Memang pepaya sering digunakan sebagai bahan alami dibidang kecantikan dan kesehatan.

2. Penambah Nafsu Makan
Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan susah makan, cobalah cara alternatif ini yaitu dengan membuat ramuan dari daun pepaya. Caranya pun cukup mudah, pertama siapkan daun pepaya yang masih segar sekitar ukuran telapak tangan, kemudian masukkan air hangat ke dalam cangkir sekitar setengah cangkir saja lalu berikan sedikit garam. Blender atau ditumbuk campuran bahan tadi. Terakhir saring campuran yang sudah diblender lalu minum airnya. Selain itu, ramuan tadi bisa juga diminum aleh anak kecil.

3. Mencegah Kanker
Menurut penelitian, batang dan daun pepaya dapat dikembangkan menjadi bahan untuk antikanker, karena didalamnya terkandung banyak getah putih seperti susu ( White Milky Latex ). Biasanya getah ini terdapat pada saat mengkonsumsi daun pepaya.

4. Menghilangkan Jerawat
Pada artikel lainnya telah kami informasikan mengenai cara menghilangkan jerawat.
Jika Anda sedang jerawatan. Cobalah untuk menggunakan cara pengobatan alami dengan menggunakan daun pepaya. Cara pemakaiannya yaitu, siapkan 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua kemudian jemur dulu. Setelah itu, tumbuk daun pepaya sampai halus, kemudian beri sedikit air sekitar satu setengah sendok lalu oleskan pada area wajah yang ada jerawatnya seperti cara memakai masker. Diamkan dulu sampai meresap. Terakhir cuci muka Anda dengan air bersih.

5. Memperlancar Sistem Pencernaan
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan mengenai cara melancarkan pencernaan.
Ternyata buah pepaya bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, karena didalamnya terkandung banyak serat. Sehingga dapat diproses didalam pencernaan secara sempurna. Selain itu dalam buah pepaya terdapat kandungan antioksidan yang berfungsi untuk membersihkan dan mengeluarkan sisa bahan makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh. Jadi, jika Anda ingin mempunyai pencernaan yang baik, konsumsilah buah pepaya secara rutin.

6. Sistem Kekebalan Tubuh
Dengan mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat akan membuat aktifitas sehari-hari Anda menjadi lebih mudah. Untuk itu, cobalah mengkonsumsi secara teratur buah pepaya karena didalamnya terdapat kandungan vitamin A dan B yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu buah ini telah terbukti untuk mencegah berbagai macam jenis penyakit seperti, batuk, flu dan pilek.

7. Kesehatan Ginjal
Memang dari akar sampai daunnya, pepaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu biji buah pepaya dapat digunakan untuk menjaga kesehatan ginjal Anda. Karena didalamnya terdapat kandungan flavonoid dan phenotic. Zat tersebut memiliki fungsi merawat dan menjaga kesehatan ginjal agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

8. Kesehatan Mata
Pada artikel yang lain telah kami informasikan tentang tips menjaga kesehatan mata.
Manfaat lainnya dari buah pepaya yaitu dapat digunakan untuk menyehatkan mata Anda. Dalam buah ini terkandung betakaroten yang nantinya akan dikonversikan menjadi vitamin A yang berfungsi untuk menyehatkan mata. Untuk itu, jika Anda ingin memiliki mata yang sehat, disarankan untuk mengkonsumsi secara teratur buah pepaya. Karena buah ini mudah ditemukan dan berharga sangat terjangkau.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 7:45 AM

0 komentar:

Post a Comment