Home » , » 8 Manfaat Minum Air Es Untuk Kesehatan

8 Manfaat Minum Air Es Untuk Kesehatan

Bagi Anda yang tinggal di daerah yang beriklim panas seperti daerah perkotaan contohnya Jakarta. Pasti sangat enak sekali apabila minum air es karena dapat menyegarkan tubuh. Tetapi air es yang dimaksud adalah air yang bersuhu sekitar 15 derajat celsius atau yang ditambahkan dengan 2-3 es batu yang telah dicetak, bukan air dingin yang telah disimpan di freezer semalaman. Untuk itu, kali ini kami akan memberikan informasi tentang manfaat-manfaat air es untuk kesehatan.
8 Manfaat Minum Air Es Untuk Kesehatan
1. Menormalkan Detak Jantung
Seperti telah kita ketahui bahwa air berperan sekali dalam menjaga kesehatan jantung. Dengan minum air dingin dapat membantu kinerja jantung dalam memompa darah yang nantinya akan disalurkan ke seluruh tubuh. Air berperan juga untuk membantu sirkulasi darah. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi air es dapat menormalkan detak jantung dan pastikan air es bersuhu seperti suhu kamar, agar khasiatnya lebih maksimal.

2. Menormalkan Suhu Tubuh
Air es sangat berperan untuk menurunkan suhu tubuh dan akan menggantikan cairan yang hilang setelah berolahraga atau beraktifitas yang berat. Dengan minum air es dapat memberikan efek kesejukan ke tubuh Anda dan akan menormalkan suhu tubuh kembali. Air es dapat membantu menutup pori-pori dan akan membuat pembuluh menciut kembali. Oleh karena itu, akan mengurangi pengeluaran suhu panas dalam tubuh.

3. Menurunkan Berat Badan
Jika Anda sedang menjalani program diet, cobalah untuk mengkonsumsi air es karena dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama dan penurunan badan pun akan lebih cepat. Selain itu, dengan minum air es dapat membantu pembakaran kalori dalam tubuh dan berat badan pun akan menurun juga. Jadi, untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, cobalah cara ini, bisa dengan minum air putih yang cukup ataupun dengan minum air es secara wajar.

4. Mencegah Sakit Kepala
Pada artikel lainnya telah kami informasikan mengenai tips mengobati sakit kepala.
Memang es batu dapat membantu menyembuhkan sakit kepala. Ternyata dengan minum air es dapat mencegah terjadinya sakit kepala. Karena apabila Anda kekurangan cairan dalam tubuh, akan menyebabkan aliran darah ke otak menjadi terganggu, itu akan mengakibatkan mudah terkena sakit kepala. Darah sangat berperan untuk kinerja otak karena darah akan membawa oksigen untuk mendukung aktifitas otak supaya kerjanya lebih baik.

5. Mencegah Dehidrasi
Dengan minum air yang cukup, memang dapat mencegah terjadinya dehidrasi karena dengan tercukupinya asupan cairan dalam tubuh akan memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Disamping itu, minum air es dapat melindungi organ-organ vital yang ada dalam tubuh. Minum air dingin dapat menyeimbangan sistem limpa, mencegah infeksi, dan memperkuat sistem imun.

6. Mencegah Kram Pada Otot
Apabila seseorang kekurangan cairan dapat dengan mudah terkena kram otot. Dengan minum air es secara wajar dapat mencegah kram pada otot karena dapat menggantikan air dan mineral yang hilang dalam tubuh. Selain itu, disarankan untuk minum air es yang bersuhu 15 derajat Celsius saja.

7. Kesehatan Ginjal
Pada saat bangun di pagi hari, pasti Anda akan kekurangan cairan dalam tubuh. Dengan minum air es di pagi hari dapat membantu dan meringankan kerja ginjal. Oleh karena itu, kesehatan ginjal pun akan terjaga karena organ-organ yang berhubungan dengan proses urinisasi akan berjalan lebih lancar.

8. Meningkatkan kinerja
Air merupakan komponen yang sangat diperlukan dalam tubuh. Seperti telah kita ketahui bahwa air berperan dalam melancarkan aliran darah dan mengalirkan oksigen yang nantinya akan diproses lagi menjadi nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan minum air dingin dapat menyegarkan tubuh Anda kembali setelah kelelahan yang disebabkan oleh aktifitas yang berat. Oleh karena itu, dengan minum air es dapat meningkatkan kinerja dan aktifitas sehari-hari pun dapat berjalan lebih lancar dan maksimal.


Walaupun air es mempunyai beberapa manfaat, Anda harus hati-hati dalam mengkonsumsinya karena dapat menimbulkan efek negatif untuk kesehatan juga. Untuk itu disarankan jangan minum air es setelah berolahraga atau Anda sedang mengalami sakit. Jadi minumlah es secara wajar jangan berlebihan, saran kami minumlah air yang mengandung mineral, itu akan memberikan efek yang lebih baik daripada air yang dimasak sendiri.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 10:54 AM

0 komentar:

Post a Comment