Home » , , » 8 Cara Mengobati Rematik

8 Cara Mengobati Rematik

Penyakit ini biasanya menyerang orang tua karena semakin tua umur seseorang maka penyakit pun mudah menyerang. Tetapi tidak menutup kemungkinan rematik menyerang pada usia muda. Sehingga pola hidup sehatlah yang bisa menangkal segala jenis penyakit. Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara mencegah dan mengobati rematik secara alami dengan obat tradisional yang terdapat dari alam.
8 Cara Mengobati Rematik
1. Kulit Manggis
Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan kulit manggis. Cara penggunaanya pun cukup mudah, siapkan kulit manggis kemudian iris hingga tipis lalu jemur sampai kering. Setelah itu sediakan gelas dan masukkan irisan kulit manggis kedalamnya kemudian seduh dengan menggunakan air panas. Biarkan dahulu sampai airnya berubah warna. Terakhir minum ramuan tadi tiap hari secara rutin.

2. Cengkeh
Tanaman ini mudah ditemukan diberbagai daerah di Indonesia. Ternyata cengkeh mempunyai kegunaan untuk mengobati rematik. Cara penggunaannya yaitu, siapkan cengkeh dan jahe kemudian tumbuk cengkeh lalu campurkan dengan jahe dan takaran kedua bahan tersebut harus sama. Setelah itu, oleskan pada bagian yang terasa sakit. Apabila dilakukan secara teratur, rematik akan cepat sembuh.

3. Jahe
Pada ramuan diatas telah dibahas tentang jahe tetapi ramuan tersebut dicampur dengan cengkeh dan hanya dipakai dibagian luar saja sedangkan ramuan ini bisa diminum. Pada ramuan kali ini hanya memakai jahe saja sebagai bahannya dan sedikit dengan bahan pelengkap. Cara meraciknya yaitu, pertama siapkan 2 buah jahe sebesar ukuran ibu jari lalu potong-potong dan sedikit diremukkan. Rebus jahe dengan menambahkan 1 gelas air dan sedikit gula, jika ingin hasilnya lebih maksimal tambahkan dengan madu murni kedalamnya. Tunggu sampai ramuan tersebut matang. Terakhir minum ramuan tadi secara rutin tiap hari.
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan mengenai Khasiat Jahe.

4. Akar Pepaya Gantung
Pada artikel lainnya telah kami informasikan mengenai manfaat pepaya.
Memang pepaya mempunyai banyak khasiat dari mulai akar sampai daunnya memiliki kegunaan yang dahsyat untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu bagian dari pepaya yang bisa digunakan untuk mengobati rematik yaitu bagian akarnya. Cara meracik ramuannya pun cukup mudah, pertama siapkan 5 potong akar pepaya seukuran jari kemudian cuci dahulu sampai bersih. Potong kecil-kecil akar tersebut lalu tembahkan dengan lengkuas yang telah dihaluskan sekitar 3 sendok makan. Lalu rebus bahan tadi dengan menambahkan 4 gelas air kedalamnya. Tunggu hingga air rebusannya tersisa hanya 3 gelas saja. Jika ingin lebih maksmal bisa ditambahkan sedikit gula aren kedalamnya. Terakhir minum ramuan yang sudah dibuat tadi 3 kali sehari dan takaran sekali minumnya yaitu setengah gelas saja.

5. Daun kelor
Selanjutnya yaitu dengan menggunakan daun kelor. Cara meraciknya, siapkan 3 tangkai daun kelor dan 1/2 sendok makan kapur sirih. Cuci dahulu daun kelor sampai bersih kemudian tumbuk bahan tadi sampai membentuk seperti pasta. Terakhir oleskan pada bagian yang sakit secara teratur dan ramuan ini hanya bisa digunakan untuk bagian tubuh luar saja.

6. Daun Sirsak
Sekarang dengan menggunakan daun sirsak sebagai bahannnya. Pertama siapkan 8 lembar daun sirsak yang sudah tua kemudian dicuci dulu sampai bersih. Tumbuk atau diblender bahan tadi sampai halus dan tambahkan dengan air matang secukupnya. Setelah itu, oleskan ramuan tadi ke bagian tubuh yang terasa sakit. Lakukanlah secara rutin supaya hasilnya maksimal.

7. Alpukat
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan tentang khasiat alpukat.
Dengan mengkonsumsi secara rutin buah alpukat dapat membantu dalam menyembuhkan rematik. Karena dalam buah ini terdapat kandungan lemak yang memberikan lubrikasi alami pada persendian tulang Anda. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi alpukat secara teratur dapat mencegah gejala rematik. Selain itu, buah ini bagus untuk kesehatan jantung Anda.

8. Kompres Dengan Air Hangat
Pada artikel yang lain telah kami informasikan tentang manfaat air hangat.
Cara yang terakhir yaitu dengan menggunakan air hangat. Cara pemakainnya pun cukup mudah yaitu, Siapkan handuk dan air hangat kemudian celupkan handuk kedalam air hangat. Lalu kompreskan pada bagian yang sakit selama 10-15 menit. Lakukanlah kegiatan ini 2 kali dalam sehari karena dengan mengkompres dengan air hangat dapat mengendurkan otot-otot beserta jaringan ikat dan tendon yang mengelilingi sendi Anda. Selain itu, dapat mengurangi rasa sakitnya.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 10:47 AM

0 komentar:

Post a Comment