Home » , , » 8 Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan

8 Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan

Sariawan adalah penyakit yang sering dialami oleh banyak orang. Penyakit ini dapat mengakibatkan aktifitas makan dan minum kita terganggu. Walaupun sariawan tergolong penyakit yang ringan tetapi Anda harus hati-hati, bisa saja ini merupakan gejala dari penyakit yang lebih berat, seperti kanker mulut. Untuk itu, segeralah tangani dengan baik jika penyakit ini menyerang Anda karena obatnya pun mudah ditemukan dan banyak dijual di apotik. Apabila Anda ingin menggunakan obat-obatan yang alami, simak artikel kami kali ini mengenai obat alami yang ampuh untuk menyembuhkan sariawan.
8 Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan
1. Garam
Biasanya garam sering digunakan untuk perasa masakan agar lebih enak tetapi tahukah Anda bahwa garam dapat digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Cara pemakaiannya pun cukup mudah, pertama siapkan air hangat kedalam gelas kemudian masukkan garam secukupnya saja. Setelah itu kumur-kumur menggunakan air garam selama beberapa menit. Lakukanlah kegiatan ini secara rutin sampai sariawannya sembuh. Air garam dapat mempercepat penyembuhan luka yang ditimbulkan oleh sariawan.

2. Baking Soda
Cara alternatif lainnya yaitu menggunakan baking soda. Cara pemakaiannya pun hampir sama dengan manggunakan garam yaitu, campurkan air dan baking soda kedalam gelas atau mangkuk kemudian berkumurlah dengan air baking soda. Jika dilakukan secara teratur, cara ini bisa membunuh bakteri dalam mulut dan mempercepat proses penyembuhannya. Selain itu, dapat mengurangi rasa sakit akibat sariawan.

3. Daun Kemangi
Selanjutnya yaitu dengan menggunakan daun kemangi karena daun kemangi bisa membantu mengurangi rasa sakit pada bagian yang sariawan. Cara pemakaiannya, siapkan 4 lembar daun kemangi kemudian cuci dulu sampai bersih. Setelah itu, kunyah daun kemangi mentah-mentah sampai menghasilkan air alami dari daun kemangi. Diamkan dulu sebentar. Terakhir, kumur-kumur dengan menggunakan air bersih.

4. Air Kelapa
Kelapa mudah ditemukan diberbagai wilayah di Indonesia. Ternyata airnya dapat kita gunakan untuk menyembuhkan sariawan karena kandungan didalamnya berfungsi mencegah dan membantu proses penyembuhannya karena bisa membunuh bakteri penyebab sariawan. Cara penggunaannya pun cukup gampang, siapkan air kelapa kemudian kumur-kumur dengan menggunakan air kelapa tersebut.

5. Tomat
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan mengenai manfaat tomat.
Bukan rahasia lagi, jika tomat dapat digunakan untuk mengatasi sariawan karena buah ini banyak kandungan vitamin C yang berfungsi dalam proses penyembuhan sariawan. Cara pemakaiannya cukup simple, pertama siapkan 1 buah tomat yang masih segar kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Tempelkan potongan tomat pada area yang ada sariawannya. Diamkan selama beberapa menit sampai meresap. Selain itu, Anda juga bisa membuat jus dengan bahan tomat ini sebagai cara alternatif lain untuk menyembuhkan sariawan.

6. Madu Dan Minyak Kelapa
Cara ini cukup efektif untuk menyembuhkan sariawan. Minyak kelapa mempunyai kandungan anti bakteri, sehingga dengan mencampurkan kedua bahan ini bisa menjadi solusi ampuh dalam membasmi kuman penyebab sariawan dan membantu proses penyembuhannya menjadi lebih cepat. Caranya, Anda tinggal mencampurkan madu dan minyak kelapa kemudian oleskan pada area yang terkena sariawan.

7. Yogurt
Dengan rajin minum yogurt dapat membantu proses penyembuhan sariawan karena yogurt berfungsi untuk mencegah dan mengatasi bakteri yang ada dalam mulut, sehingga sariwan pun mudah disembuhkan. Untuk itu, konsumsilah yogurt yang terdapat kandungan acidophilus hidup.

8. Kunyit
Tahukah Anda bahwa bahan pembuat bumbu ini memiliki kegunaan yang sangat ampuh untuk mengatasi sariawan. Cara pemakaiannya pun cukup gampang, pertama siapkan kunyit lalu cuci dahulu sampai bersih. Kemudian haluskan dengan cara ditumbuk sampai berbentuk seperti pasta lalu campurkan 1 sendok teh gliserin. Setelah itu, oleskan pada area yang terdapat sariawan. Diamkan selama beberapa menit sampai meresap. Jika Anda melakukannya secara rutin dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit ini.


Semoga setelah menggunakan cara-cara pengobatan alternatif tadi, bisa mencegah dan menyembuhkan sariawan dengan cepat. Sehingga aktifitas sehari-hari menjadi tidak terganggu. Tetapi ada satu cara yang sangat penting yaitu, Anda harus menerapkan pola hidup sehat karena ini merupakan obat paling ampuh untuk menangkal segala jenis penyakit.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 7:36 AM

0 komentar:

Post a Comment