Home » , , , » 8 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mulut

8 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mulut

Dengan menjaga kebersihan mulut maka Anda akan terlihat lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan banyak orang karena Anda akan terhindar dari penyakit bau mulut yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri.
8 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mulut
1. Menggosok Gigi
Gosoklah gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Dan waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah setelah makan pagi dan sebelum tidur, apabila Anda rutin sikat gigi dua kali sehari pasti kebersihan mulut Anda juga terjaga.

2. Membersihkan Lidah
Banyak sekali orang yang mengabaikan untuk membersihkan lidah, padahal membersihkan lidah itu sangat penting karena apabila Anda membersihkan lidah maka plak dan sedimen yang menempel, yang bisa menyebabkan bau mulut akan hilang.

3. Berkumur Sesudah Makan
Untuk menghindari sisa makanan yang menempel pada gigi dan mulut dianjurkan untuk sering berkumur sesudah makan agar mulut bisa bersih dari sisa makanan yang menempel di gigi dan mulut. Anda juga dapat menghindari tumbuhnya bakteri dalam mulut.

4. Mengkonsumsi Buah
Buah banyak mengandung serat, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Kandungan serat dalam buah berfungsi sebagai sikat gigi alami yang dapat membersihkan sisa­-sisa makanan dan mengusir bakteri dalam mulut.

5. Mengkonsumsi Sayuran
Sayuran mengandung banyak serat yang dapat membersihkan gigi dari sisa­-sisa makanan dan flak. Disamping itu, sayuran juga banyak yang mengandung vitamin A seperti brokoli, labu dan wortel yang membantu dalam pembentukan lapisan email gigi.

6. Mengkonsumsi Keju
Protein yang terdapat dalam keju sangat baik untuk menghindari pengikisan email gigi. Selain itu, keju banyak mengandung kalsium yang akan membuat gigi Anda lebih kuat. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi vitamin D yang dapat membantu dalam menyerap kalsium. Vitamin D banyak terdapat dalam telur, ikan dan susu.

7. Mengatur Waktu Makan
Setelah makan berat dianjurkan Anda jangan langsung menyambung dengan ngemil, tetapi beri waktu jeda, agar gigi Anda tidak sering terkena asam. Karena sesudah makan biasanya asam akan terbentuk dalam waktu 30-40 menit, jadi usahakan untuk tidak langsung ngemil setelah makan.

8. Minum Air Putih Yang Cukup
Pada artikel yang lain telah kami informasikan tentang manfaat minum air putih.
Air putih adalah komponen terpenting dalam tubuh manusia, hampir 90% kandungan yang terdapat dalam tubuh adalah air. Begitu juga dengan bahan dasar air liur, karena air liur adalah  komponen yang sangat penting dalam menjaga kesehatan gigi agar tetap sehat. Untuk itu biasakanlah untuk minum air putih minimal 8 gelas perhari. Air juga mengandung fluoride yang dapat dijadikan sebagai bahan pelindung enamel gigi.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 6:32 AM

0 komentar:

Post a Comment