Home » , » 8 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

8 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

Selain khasiat minum air putih, ternyata air hangat pun memiliki segudang manfaat untuk menyehatkan tubuh. Salah satunya adalah untuk menghangatkan tubuh, ini sangat cocok karena pada saat ini kita sedang mengalami musim hujan. Air hangat yang bagus adalah yang tidak berbau, berwarna, dan juga tidak berasa. Untuk itu, cobalah minum air hangat yang masih murni dan berkualitas baik, yang sudah melalui proses pemasakkan yang maksimal agar kuman dan bakteri mati. Selain itu air hangat bisa juga dicampurkan dengan perasan jeruk nipis agar hasilnya lebih maksimal.
8 Manfaat Air Hangat Bagi Kesehatan
Berikut ini beberapa manfaat minum air hangat untuk menyehatkan tubuh yang perlu Anda ketahui.
1.   Kesehatan Pencernaan
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang cara melancarkan pencernaan.
Manfaat minum air hangat yang pertama yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan. Karena dapat membantu proses penyerapan makanan dalam tubuh. Jadi proses pengolahan sisa-sisa makanan yang ada dalam tubuh akan diolah secara maksimal. Sehingga aliran dari usus ke pembuangan pun tidak akan terhambat. Untuk itu, cobalah untuk selalu membiasakan diri minum air hangat sesudah selesai makan.

2.   Menurunkan Berat Badan
Jika Anda sedang mengalami masalah kegemukkan. Cobalah untuk secara teratur minum air hangat dengan dicampurkan dengan perasan lemon. Waktu meminumnya adalah pada saat pagi hari sebelum melakukan aktifitas rutin Anda. Setelah minum campuran air hangat dan perasan lemon tadi, disarankan untuk tidak makan dulu, tunggulah 15 menit, agar bereaksi secara maksimal. Apabila cara ini dilakukan secara rutin tiap hari maka lemak yang ada dalam tubuh akan berkurang seperti pada bagian paha, perut, dan juga lengan. Karena air hangat yang dicampurkan dengan perasan lemon dapat memecah jaringan lemak yang menumpuk dalam tubuh Anda.

3.   Melancarkan Aliran Darah
Manfaat air hangat lainnya yaitu dapat melancarkan aliran darah. Karena saat air hangat masuk ke dalam tubuh, pembuluh darah akan melebar. Jadi proses aliran darah pun menjadi semakin lancar.

4.   Menghilangkan Stress
Stress adalah penyakit yang harus dihindari, karena dapat menyebabkan aktifitas sehari-hari menjadi terganggu. Untuk itu, bisakanlah untuk meminum air hangat pada pagi hari sebelum melakukan aktifas rutin Anda. Karena dapat menenangkan dan menjernihkan pikiran. Sehingga Anda bisa berpikiran positif kembali.

5.   Tidur Menjadi Lebih Berkualitas
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan mengenai cara mengatasi insomnia.
Tidur merupakan aktifitas yang wajib dilakukan, karena dapat memulihkan energi Anda. Dengan minum air hangat secara teratur dapat membuat kualitas tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan pastinya lebih berkualitas. Karena kekurangan tidur dapat mengakibatkan Anda bisa terserang berbagai macam penyakit. Untuk itu, cobalah untuk minum air hangat sebelum tidur, agar hasilnya lebih maksimal Anda bisa mencampurkan dengan teh yang beraroma mint.

6.   Meredakan Sakit Gigi
Pada artikel yang lain telah kami informasikan mengenai cara mengobati sakit gigi.
Sakit gigi merupakan penyakit yang sangat mengganggu. Pasti akan membuat Anda kesulitan untuk beraktifitas. Solusi yang paling gampang adalah dengan minum air hangat karena dapat meredakan nyeri pada sakit gigi. Jadi, apabila sakit gigi menyerang cobalah untuk meredakannya dengan minum air hangat atau berkumur dengan mencampurkan sedikit garam kedalamnya. Itu dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi.

7.   Meredakan Kram Pada Kaki
Cara alternatif untuk meredakan kram adalah dengan air hangat. Biasanya kram sering dirasakan pada bagian telapak kaki. Jika itu terjadi, cobalah untuk minum air hangat yang dicampurkan dengan madu atau Anda bisa mencoba cara lainnya yaitu dengan merendam kaki Anda pada air hangat yang dicampurkan dengan garam, sekitar 15 menit.
Anda harus mewaspadai penyakit kram ini, jika terjadi terus-menerus, bisa saja sebagai tanda ada penyakit yang berbahaya seperti, diabetes. Untuk itu, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter, apabila kram terus berulang.

8.   Menghilangkan Bau Mulut
Pada artikel yang lain telah kami informasikan tentang tips menjaga kesehatan mulut.
Bau mulut merupakan masalah yang sangat menggangu. Ini dapat mengurangi kepercayaan diri Anda. Untuk itu, cobalah untuk secara teratur minum air hangat, karena dapat membantu mengurangi masalah bau mulut. Air hangat juga dapat membantu mengurangi sisa plak yang menempel di mulut. Jadi pastinya dapat mengurangi masalah bau mulut ini.


Itulah beberapa manfaat minum air hangat untuk menyehatkan tubuh. Untuk itu, cobalah agar selalu menyempatkan diri minum air hangat, karena mudah mendapatkannya. Tetapi ingat, Anda harus memasaknya sampai matang, agar kuman dan bakteri mati. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh tubuh.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 2:15 PM

0 komentar:

Post a Comment