Home » , , » 8 Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan

8 Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Buah nanas memiliki rasa yang sangat enak apabila sudah matang, dan banyak digunakan sebagai bahan pembuatan selai.  Buah nanas juga memiliki zat dan kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Disamping itu, buah nanas mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia.
8 Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan
1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Khasiat buah nanas yang pertama adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena dalam buah nanas banyak kandungan vitamin C yang mempunyai efek antioksidan yang kuat untuk pertahanan tubuh. Selain itu, buah nanas juga mengandung zat amino yang sangat bermanfaat bagi pertahanan tubuh supaya tidak cepat lelah.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan
Pada artikel lainnya telah kami informasikan tentang cara melancarkan pencernaan.
Untuk Anda yang mempunyai masalah pencernaan, bisa mencoba untuk makan buah nanas, karena didalam buah nanas terdapat kandungan serat makanan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan usus. Tapi tidak seperti buah dan sayuran lainnya buah nanas banyak mengandung bromelain ( enzim yang digunakan untuk memecah protein ). Jadi mungkin buah nanas dapat dijadikan untuk memperlancar pencernaan.

3. Kesehatan Kulit
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan mengenai cara menjaga kesehatan kulit.
Selain bengkoang, ternyata buah nanas juga dapat digunakan untuk mengobati kulit yang bersisik atau mengelupas. Caranya dengan menggunakan parutan nanas, kemudian dibuat jus lalu tempelkan secara merata pada kulit yang bersisik atau mengelupas.

4. Mengobati Batuk
Pada artikel lainnya telah kami informasikan mengenai cara mengobati batuk.
Kandungan zat bromelain didalam buah nanas dapat digunakan untuk mengobati batuk karena dapat membantu pengenceran dahak dalam tubuh sehingga batuk cepat sembuh. Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam buah nanas efektif untuk melawan virus penyebab flu.

5. Kesehatan Gigi
Vitamin C yang terkandung dalam buah nanas ternyata efektif untuk menjaga kesehatan gigi Anda, karena dapat mencegah terbentuknya plak yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada gusi. Tetapi Anda juga harus tetap menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi 2 kali sehari.

6. Mengobati Asam Urat
Selain yang sudah disebutkan tadi, ternyata bromelain yang ada dalam buah nanas juga ampuh untuk mengobati asam urat, karena kandungan tersebut bersifat diuretik yang dapat mengatasi asam urat. Tetapi Anda jangan makan buah nanas yang terlalu matang, karena hal itu dapat menimbulkan asam urat Anda naik.

7. Penyubur Rambut
Senyawa cystine yang ada dalam buah nanas dapat digunakan untuk menyuburkan dan mengatasi kerontokan rambut. Selain itu senyawa cystine juga berfungsi untuk pembentukan kulit dan pertumbuhan rambut.

8. Menurunkan Darah Tinggi
Buah nanas sangat cocok untuk penderita hipertensi karena terdapat banyak kandungan kalium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah Anda. Untuk itu bagi penderita hipertensi dianjurkan untuk makan buah nanas setiap hari.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 7:27 AM

0 komentar:

Post a Comment