Home » , , » 8 Manfaat Dan Khasiat Tersembunyi Jengkol

8 Manfaat Dan Khasiat Tersembunyi Jengkol

Makanan ini mempunyai bau yang khas. Banyak sekali yang menggemari makanan ini termasuk saya sendiri sangat menyukai jengkol. Tetapi tidak sedikit pula yang menghindari makanan ini karena baunya yang sangat menyengat. Ternyata jengkol itu mempunyai manfaat tersembunyi untuk kesehatan tubuh manusia.
8 Manfaat Dan Khasiat Tersembunyi jengkol
1. Memperkuat Tulang Dan Gigi
Manfaat tersembunyi yang pertama yaitu untuk memperkuat tulang dan gigi. Didalam makanan ini terdapat kandungan kalsium dan fosfor. Kedua zat ini sangat dibutuhkan untuk memperkuat tulang. Selain itu, kalsium dan fosfor berguna untuk mencegah terjadinya tulang keropos ( Osteoporosis ). Jadi, jika Anda ingin memiliki tulang dan gigi yang kuat konsumsilah jengkol dengan porsi yang cukup.

2.  Mencegah Diabetes
Ternyata jengkol berguna untuk mencegah terkena penyakit diabetes. Itu karena dalam makanan ini terdapat kandungan asam jengkolat yang berbentuk kristal-kristal dan tidak dapat larut dalam air. Ajaibnya lagi zat ini hanya ada pada jengkol. Tetapi bagi Anda yang menderita gangguan ginjal dilarang untuk mengkonsumsi jengkol karena bersifat diuretic. Nantinya akan mengakibatkan sulitnya berhenti buang air kecil disebabkan asam jengkolat dikhawatirkan tidak dapat disaring oleh ginjal.

3. Mencegah Anemia
Jika Anda mengalami Anemia, cobalah untuk mengkonsumsi jengkol. Karena didalamnya terkandung zat besi yang berfungsi untuk mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh Anda. Selain itu, jika kekurangan zat besi Anda akan mudah lelah dan akan berdampak pada aktifitas sehari-hari jadi tidak maksimal. Untuk itu konsumsilah makanan ini karena kaya akan kendungan zat besi.

4. Kesehatan Jantung
Zat antioksidan yang terdapat dalam jengkol berguna juga untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya kesehatan jantung. Karena toksin dan racun akan sulit masuk kedalam tubuh, khususnya jantung. Jadi aliran darah menjadi semakin lancar dan tidak terganggu karena tidak ada yang menyumbat pembuluh darah.

5. Membentuk Jaringan Tubuh
Ternyata protein yang terdapat dalam jengkol lebih baik jika dibandingkan dengan kacang hijau dan kacang kedelai. Kandungan ini akan membantu proses pembentukan jaringan dalam tubuh menjadi lebih baik.

6. Menangkal Radikal Bebas
Didalam makanan ini terdapat banyak kandungan vitamin seperti vitamin A, B1, B2 dan C. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata Anda. Selain itu, vitamin A dan C dapat dijadikan sebagai zat antioksidan yang dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit kanker.

7. Melangsingkan Perut
Kandungan serat yang ada dalam makanan ini dapat membantu proses pencernaan menjadi lancar. Karena biasanya perut buncit sering disebabkan oleh susahnya buang air besar. Untuk itu, konsumsilah jengkol karena dapat membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik. Disamping itu, dapat pula melangsingkan tubuh Anda.

8. Menstabilkan Organ Penting Dalam Tubuh
Asam folat dan vitamin B6 dapat membuat organ-organ dalam tubuh bekerja lebih baik dan lebih stabil. Karena jika Anda kekurangan zat tersebut dapat mengakibatkan terganggunya fungsi organ-organ dalam tubuh. Untuk itu, konsumsilah secara cukup makanan ini agar organ-organ dalam tubuh Anda bekerja lebih baik dan akan terjaga kesehatannya.

Ternyata jengkol mempunyai khasiat yang sangat banyak untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetapi jangan mengkonsumsi jengkol secara berlebihan karena tidak baik juga untuk kesehatan ginjal Anda karena yang berlebih-lebihan itu tidak baik. Untuk itu, konsumsilah jengkol secara wajar.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 7:38 PM

0 komentar:

Post a Comment