Home » , » 8 Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan

8 Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan

Daun singkong didaerah saya sering digunakan sebagai lalapan dan dibuat sayur. Jenis sayuran hijau ini memiliki rasa yang enak. Selain rasanya yang enak ternyata daun singkong memiliki banyak manfaat. Itu dikarenakan didalamnya terkandung gizi yang tinggi. Kandungan gizi daun singkong yaitu, karbohidrat, protein, serat, asam amino essensial, vitamin A dan B1.
8 Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan
Berikut ini manfaat daun singkong bagi kesehatan.
1.   Sumber Antioksidan
Kandungan yang ada dalam daun singkong berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Dengan mengkonsumsi daun singkong secara rutin bisa menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit seperti penuaan dini dan kanker. Penyakit tersebut biasanya disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh.

2.   Kesehatan Pencernaan
Daun singkong memiliki kandungan serat, sehingga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Untuk itu, bagi Anda yang sedang bermasalah dengan pencernaannya, cobalah secara teratur mengkonsumsi daun singkong, agar pencernaan menjadi lancar kembali.
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan mengenai cara melancarkan pencernaan.

3.   Mengobati Diare
Cara mengobati diare dengan bahan daun singkong yaitu, siapkan daun singkong secukupnya saja, lalu rebuslah dengan menggunakan air sebanyak 800cc. Tunggu hingga airnya hanya tersisa 400cc saja. Setelah hangat barulah bisa diminum, takaran setiap 1 kali minumnya yaitu 200cc dan diminum 2 kali dalam sehari.

4.   Menurunkan Berat Badan
Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, tidak ada salahnya mencoba dengan cara ini yaitu dengan mengkonsumsi daun singkong secara rutin. Kandungan yang terdapat dalam daun singkong yang bisa membantu penurunan berat badan yaitu kandungan protein yang tinggi dan kaya akan serat.

5.   Membantu Sistem Metabolisme Tubuh
Protein nabati dalam daun singkong sangat melimpah dan banyak mengandung vitamin B. Fungsi vitamin B yaitu membantu sel-sel tubuh membentuk enzim-enzim yang berguna untuk membantu sistem metabolisme dalam tubuh.

6.   Mengatasi Anemia (kekurangan Darah)
Ternyata daun singkong bisa juga digunakan sebagai makanan penambah darah. Itu dikarenakan didalamnya terkandung zat yang bisa membantu meningkatkan suplai darah dalam tubuh. Untuk itu, bagi Anda yang sedang kekurangan darah, bisa mencoba dengan cara ini.

7.   Mengatasi Rematik
Penyakit ini sangat menggangu aktifitas sehari-hari. Jadi, dibutuhkan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Salah satu solusi untuk mengobati rematik yaitu dengan daun singkong. Caranya, pertama siapkan dulu daun singkong 5 lembar dan daun kapur sirih. Campurkan keduanya dan tambahkan dengan sedikit air. Remaslah sampai hancur dan balurkan pada bagian persendian yang linu. Lakukanlah cara ini 3 kali dalam sehari.

8.    Sumber Energi
Jenis sayuran ini sangat berguna untuk menambah energi kita. Karena didalamnya terkandung berbagai macam protein atau asam amino essensial. Sehingga dapat merubah karbohidrat menjadi energi. Dengan mengkonsumsinya secara rutin dapat menambah stamina menjadi lebih kuat, oleh karena itu aktifitas sehari-hari pun akan berjalan lancar.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 9:55 AM

0 komentar:

Post a Comment