Home » , » 8 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan (Bagian Pertama)

8 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan (Bagian Pertama)

Jenis sayuran hijau ini biasanya sering dijuluki dengan super food.  Itu dikarenakan didalamnya terkandung nutrisi yang sangat melimpah. Kandungan yang ada dalam brokoli diantaranya yaitu, antioksidan, mineral, kaya akan serat, vitamin A, B, C, K, dan masih banyak kandungan bermanfaat lainnya. Karena brokoli mempunyai banyak nutrisi, jadi sangat baik dikonsumsi rutin tiap hari.
8 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan
Berikut ini beberapa manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh.
1.   Kesehatan Mata
Dengan mengkonsumsi brokoli secara rutin dapat mengurangi resiko terkena penyakit mata seperti macula dan katarak. Karena didalamnya terkandung vitamin A dan lutein yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan retina. Jadi, biasakanlah mengkonsumsi makanan sehat ini ya, agar fungsi mata tidak terganggu.

2.   Membantu Menurunkan Berat Badan
Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, sangat disarankan untuk mengkonsumsi jenis sayuran hijau ini. Brokoli sangat kaya akan kandungan serat, jadi sangat bagus dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan. Kandungan yang terdapat dalam brokoli yaitu, kaya akan vitamin, rendah kalori, dan mineral yang melimpah. Dengan mengkonsumsi brokoli bisa membuat kenyang lebih lama sehingga penurunan berat badan akan lebih cepat. Agar hasilnya lebih maksimal, cobalah mengkombinasikan dengan berolahraga secara rutin.

3.   Melancarkan Pencernaan
Apabila pencernaan terganggu, itu akan menimbulkan masalah buruk bagi kesehatan Anda, karena sisa-sisa makanan dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan secara sempurna. Jadi, dibutuhkan solusi tepat untuk menangani masalah ini. Brokoli bisa dijadikan solusi yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan, karena didalamnya terkandung banyak serat. Seperti telah kita ketahui bahwa makanan kaya akan serat berguna dalam melancarkan pencernaan.

4.   Mencegah Penyakit Jantung
Jenis sayuran hijau ini memiliki kandungan senyawa yang bernama glucoraphanin. Sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Pernyataan ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Institute for Food Research di Norwich, Inggris. Mereka telah berhasil menyilangkan brokoli yang memiliki kandungan senyawa glucoraphanin menjadi 2-3 kali dari jumlah normal.

5.   Mencegah Kanker
Brokoli dapat digunakan untuk mencegah penyakit kanker seperti kanker usus besar, kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker kandung kemih. Menurut para ilmuan, jenis sayuran hijau ini memiliki sifat antikanker, sehingga berguna untuk mencegah sel-sel kanker berkembang.

6.   Kesehatan Otak
Jika Anda ingin memiliki otak yang sehat, cobalah untuk mengkonsumsi brokoli secara rutin. Kandungan brokoli yang bermanfaat untuk kesehatan otak adalah, omega 3, vitamin K, dan vitamin C. Kandungan tersebut sangat membantu dalam meningkatkan memori otak dan menjaga kesehatan otak.
Pada artikel yang lain telah kami informasikan mengenai Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat.

7.   Sumber Antioksidan
Vitamin C dalam brokoli sangat melimpah, sehingga dapat dijadikan sebagai sumber antioksidan yang efektif dalam menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Selain itu didalam sayuran hijau ini terdapat kandungan betakaroten, flavonoid, zeaxanthin, dan karotenoid lutein. Kandungan tersebut berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

8.   Kesehatan Tulang
Kandungan kalsium dalam brokoli sangat tinggi, sehingga berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsinya secara teratur dapat mengurangi resiko terkena penyakit pengeroposan tulang (osteoporosis). Selain itu, brokoli memiliki kandungan vitamin K yang bagus untuk melindungi tulang agar tetap kuat dan sehat.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 8:23 AM

0 komentar:

Post a Comment