Home » , , » 8 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

8 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Buah duku mempunyai segudang manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain mudah ditemukan buah ini berharga sangat terjangkau apabila sedang musimnya. Memang buah ini akan terasa pahit jika kita menggigit bagian bijinya tetapi apabila dagingnya saja terasa manis dan enak. Buah duku mempunyai banyak zat kandungan yang sangat dahsyat, sehingga baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin mempunyai tubuh yang sehat. Pada artikel kali ini blog sederhana kami akan memberikan informasi mengenai beberapa manfaat buah duku bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.
8 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan
1. Pencernaan Menjadi Lebih Lancar
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang cara melancarkan pencernaan.
Manfaat buah duku yang pertama yaitu berguna untuk melancarkan pencernaan. Itu dikarenakan buah ini mengandung serat yang tinggi (dietary fiber), sehingga sangat ampuh untuk menjaga kesehatan pencernaan supaya lebih lancar. Untuk itu, bagi Anda yang sering mengalami susah buang air besar, cobalah untuk secara rutin mengkonsumsi buah duku.

2. Kesehatan Gusi
Jika gusi Anda sering berdarah, tidak salahnya untuk mencoba cara ini yaitu dengan mengkonsumsi buah duku secara cukup dan rutin. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah duku berfungsi untuk menjaga kesehatan gusi Anda, sehingga gusi pun akan lebih kuat dan terjaga kesehatannya.

3. Kesehatan Gigi
Selain untuk menjaga kesehatan gusi, ternyata buah ini berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Kandungan fosfor yang ada didalamnya berfungsi untuk memperkuat gigi. Untuk itu dengan mengkonsumsi buah duku secara teratur dapat menghindari kerusakan pada gigi karena kandungan fosfor sangat berperan dalam menjaga kesehatan gigi supaya lebih kuat dan mencegah terjadinya pengeroposan pada gigi.

4. Antioksidan
Manfaat selanjutnya dari buah duku yaitu berfungsi sebagai antioksidan, karena dalam buah duku terdapat banyak kandungan vitamin C, oleh karena itu dapat dijadikan sebagai penangkal dari radikal bebas seperti polusi udara, pestida, dan zat yang membahayakan lainnya. Sehingga dengan mengkonsumsi buah duku secara rutin dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas dan menjaga kesehatan organ tubuh agar tidak terjadi kerusakan.

5. Kesehatan Kulit
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan mengenai cara menjaga kesehatan kulit.
Vitamin E yang terdapat dalam buah ini sangat berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Seperti yang sudah kita ketahui, buah yang mengandung vitamin E sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. Oleh karena itu, jika Anda ingin mempunyai kulit yang terawat dan sehat, rajin-rajinlah mengkonsumsi buah duku secara teratur. Sehingga kulit Anda akan terjaga kesehatannya dan mencegah penuaan dini. Selain itu, buah duku dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

6. Menurunkan Berat Badan
Jika Anda sedang menjalankan program diet, cobalah menggunakan cara ini yaitu dengan mengkonsumsi buah duku. Itu dikarenakan dalam buah ini terdapat kandungan vitamin C yang nantinya akan diproses dalam tubuh dan akan menjadi protein yang biasa disebut dengan carnitine. Zat ini dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Selain itu jika Anda kekurangan zat carnitine dapat menimbulkan penumpukkan lemak yang nantinya akan bertambahnya berat badan. Untuk itu, konsumsilah buah duku agar mempercepat penurunan berat badan Anda.

7. Menambah Stamina
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan tentang makanan penambah stamina.
Jika Anda seorang pekerja keras atau olahragawan, cobalah untuk mengkonsumsi buah duku karena dapat membuat tubuh lebih berenergi dan mempercepat pemulihan yang disebabkan oleh kelelahan. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah ini berperan untuk memperkuat stamina Anda. Sehingga tubuh pun akan lebih bugar dan aktifitas berat pun dapat dilalui dengan mudah.

8. Mengobati Demam Dan Diare
Manfaat buah duku yang terakhir yaitu dapat digunakan untuk mengobati penyakit demam dan diare. Cara meraciknya pun cukup mudah yaitu, pertama siapkan buah duku yang masih segar dan ambil bijinya saja kemudian haluskan biji duku dengan cara ditumbuk. Setelah itu campurkan dengan air matang lalu minumlah ramuan itu sekali dalam sehari.


Itulah beberapa manfaat dan khasiat buah duku bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Untuk itu, agar tubuh Anda terjaga kesehatannya, jangan lupa untuk selalu menjalankan pola hidup sehat, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi buah duku secara teratur.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 8:07 AM

0 komentar:

Post a Comment