Home » , , » 8 Penyebab Dan Bahaya Kesemutan

8 Penyebab Dan Bahaya Kesemutan

Apakah Anda pernah mengalami kesemutan ? jawabannya pasti hampir semua orang pernah mengalaminya. Tahukah Anda jika sering kesemutan dapat membahayakan kesehatan juga. Karena mungkin saja ini merupakan gejala awal dari penyakit yang lebih besar seperti kelumpuhan dan tumor otak. Untuk itu, segeralah periksakan diri Anda ke dokter apabila kesemutan sering Anda alami. Sehingga dapat diketahui apa penyebabnya dan bagaimana penanggulangannya. Berikut ini beberapa akibat dan penyebab terjadinya sering kesemutan.
8 Penyebab Dan Bahaya Kesemutan
1. Rematik    
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang cara mengobati rematik.
Ternyata kesemutan merupakan gejala adanya penyakit rematik. Itu disebabkan saraf terjepit dan terjadi ketegangan pada sistemnya. Oleh karena itu, segeralah obati penyakit rematik tersebut supaya tidak menyebar dan menggangu kinerja sistem saraf lainnya. Untuk pengobatannya Anda bisa menggunakan cara tradisional dengan memakai obat-obatan yang terbuat dari bahan alami atau dengan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

2. Kekurangan Kalsium
Dengan kekurangan kalsium akan membuat kesemutan karena transmisi saraf dan kontraksi otot menjadi terganggu, itu disebabkan kalsium merupakan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mempunyai kalsium yang sangat tinggi agar kebutuhan kalsium dalam tubuh tercukupi dan terhindar dari masalah kesemutan.

3. Kencing Manis / Diabetes Mellitus
Bagi penderita diabetes kesemutan merupakan gejala akan adanya kerusakan pada pembuluh darah, yang bisa mengganggu aliran darah pada ujung saraf. Bisanya gejala yang ditimbulkan yaitu telapak kaki terasa tebal, kepanasan, dan di ujung jari terasa kesemutan yang terus-menerus. Selain itu, biasanya pada malam hari akan terasa seperti telapak kaki sedang ditusuk-tusuk.

4. Radang Sumsum Tulang Belakang
Biasanya penyakit ini banyak diderita oleh orang yang sudah dewasa, dan gejala awalnya ditandai dengan flu berat. Kesemutan akan dirasakan dari mulai ujung jari sampai ke pusar. Gejala lainnya yaitu akan merasakan permukaan kulit terasa tebal dan setelah itu orang yang menderita penyakit ini akan kesusahan berjalan. Semua gejala tadi merupakan tanda awal akan adanya penyakit radang sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh serangan virus yang biasa disebut dengan cytomegalovirus (CMV). Orang yang menderita penyakit ini biasanya akan kesulitan untuk buang air besar dan kecil. Memang penyakit ini bisa disembuhkan secara total tetapi bisa saja hanya sebagian saja bahkan ada yang sampai tidak bisa disembuhkan sama sekali hingga menderita kelumpuhan.

5. Hormon
Apabila hormon terganggu akan mengakibatkan pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki (angkle). Gejala ini akan menimbulkan gangguan dan tekanan pada sistem saraf. Selain itu, dengan terjadinya pembengkakan akan membuat aliran darah ke otot menjadi terganggu yang akan menyebabkan kram karena terjadinya penumpukan asam laktat dan oksigenasi yang buruk.

6. Rangsangan Listrik Terganggu
Memang kesemutan biasanya merupakan gejala karena adanya sistem saraf sensorik terganggu, karena akan mengakibatkan rangsangan listrik pada sistem tersebut menjadi tidak tersalur secara penuh. Apabila yang terganggu adalah sistem saraf sensorik baku akan timbul kesemutan, yang harus Anda waspadai adalah apakah ada gejala selain kesemutan seperti adanya tumor otak atau bebal. Gejala lainnya akan terganggunya pendengaran, penglihatan, sakit kepala, muntah-muntah dan akan terjadi kelumpuhan kecil.

7. Setelah Cedera / Kecelakaan
Setelah seseorang mengalami kecelakaan atau cedera akan menimbulkan trauma kompresi saraf, itu akan menyebabkan terjadinya kram dan kesemutan. Selain itu, bekas luka yang ada disekitar saraf dan arthritis pada tulang belakang atau kaki akibat kecelakaan akan mengakibatkan sensasi abnormal dan kejang otot yang terasa setahun kemudian.

8. Tetani / Spasmofilia
Kesemutan bisa saja merupakan gejala akan adanya penyakit tetani (spasmofilia). Biasanya penyakit ini diakibatkan oleh kekurangan ion kalsium dalam darah. Penyebab lainnya yaitu didalam paru-paru akan menurunnya tegangan karbondioksida. Selain itu, gejala lain yang akan timbul yaitu kesulitan tidur, sakit kepala, terasa lemah, hilang kesadaran dan emosi yang labil.


Itulah beberapa penyebab dan akibat yang ditimbulkan oleh seringnya kesemutan. Oleh karena itu, segeralah tangani dengan cepat gejala ini supaya tidak menimbulkan penyakit yang lebih besar lainnya. Cara yang paling gampang adalah dengan berkonsultasi pada dokter, agar dapat dicarikan solusi untuk mengobatinya.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 7:49 AM

0 komentar:

Post a Comment