Home » , » 8 Manfaat Bermain Sepakbola

8 Manfaat Bermain Sepakbola

Sepakbola merupakan olahraga yang paling banyak digemari diseluruh dunia. Tetapi sangat disayangkan di Indonesia sekarang sepakbola lagi bermasalah dalam pengurusannya padahal Negara kita merupakan penggemar sepakbola terbesar di dunia. Untuk itu, semoga kedepannya masalah yang ada dalam pengurusan sepakbola di Negara kita cepat diselesaikan agar talenta muda yang ada di Indonesia bisa berkembang. Sebenarnya Indonesia mempunyai potensi untuk menjadi salah satu kekuatan besar sepakbola khususnya di asia tenggara, karena Negara kita mempunyai penduduk yang sangat banyak, pasti terdapat talenta-talenta pesepakbola yang memiliki kemampuan dan skill yang baik dalam bermain sepakbola. Jadi marilah kita membangun sepakbola yang baik jangan saling menyalahkan satu sama lain, itu tidak akan menyelesaikan masalah. Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai manfaat bermain sepakbola.
8 Manfaat Bermain Sepakbola
1. Memperkuat Otot
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang Makanan Pembentuk Otot Tubuh.
Dengan bermain sepakbola dapat memperkuat otot karena dalam olahraga ini dituntut untuk selalu menggerakan tubuh Anda dari mulai kaki sampai kepala. Ini merupakan kegiatan yang bisa membuat otot terlatih dan akan menjadi semakin kuat. Contohnya pada pemain-pemain kelas dunia ini seperti CR7, Rooney, Bale, Van Persie, dll, mereka mempunyai otot yang atletis. Tetapi Anda harus tahu untuk memperkuat otot itu harus dibarengi dengan latihan fisik yang lainnya seperti angkat beban, renang, lari, dll. Disamping itu, Anda harus menjaga pola makan juga dengan makanan yang bergizi agar asupan yang diperlukan oleh tubuh terpenuhi.

2. Melatih Konsentrasi
Ini merupakan sikap yang diperlukan dalam bermain sepakbola. Jika Anda tidak berkonsentrasi maka dapat dipastikan akan kalah dalam permainan ini. Contohnya banyak para pesepakbola yang melakukan blunder, itu didasari oleh kurangnya konsentrasi. Untuk itu dalam bermain sepakbola diperlukan konsentrasi yang tinggi agar dapat memenangkan permainan. Disamping itu agar konsentrasi terjaga Anda harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, dalam hal ini air putih sangat disarankan. Jadi jika Anda ingin melatih konsentrasi, cobalah bermain sepakbola minimal 1 kali dalam seminggu.

3. Menjaga Berat Badan
Memang olahraga ini bisa membuat tubuh menjadi lebih ideal karena dalam bermain sepakbola banyak aktifitas lari dan melompat, hal ini sangat cocok untuk menjaga berat badan Anda karena akan membakar kalori yang ada dalam tubuh. Sehingga berat badan pun akan terjaga dengan baik.

4. Bersosialisasi
Dengan bermain sepakbola kita akan banyak melakukan percakapan dengan teman ataupun lawan. Itu akan melatih otak kita, karena dengan jarang bersosialisasi akan berdampak buruk pada otak Anda. Jadi dalam olahraga ini dituntut untuk selalu berkomunikasi agar bermain dengan baik. Disamping itu, Anda juga harus berkomunikasi dengan lawan walaupun Anda kalah atau menang. Karena dengan mempunyai banyak teman akan membuat hidup Anda menjadi lebih indah.

5. Kebugaran Kardiovaskular
Menurut riset yang dilakukan oleh para peneliti mengungkapkan bahwa para pemain sepakbola mempunyai VO2max yang baik. Itu dikarenakan dalam olahraga ini dituntut untuk selalu berlari selama 90 menit, pasti kita banyak menghirup oksigen yang sangat banyak saat bernapas. Oleh karena itu akan berdampak pada kebugaran kardiovaskular menjadi lebih sehat dan bugar.

6. Melatih Kelincahan
Coba Anda perhatikan pemain sepakbola dunia ini seperti Messi, Dia mempunyai gocekan dan gerakkan yang sangat cepat dan lincah. Itu dikarenakan Dia sudah sering berlatih. Apabila Anda ingin mempunyai gerakan yang lincah, cobalah rutin bermain sepakbola secara benar dan teratur, itu akan melatih gerakan Anda menjadi semakin cepat dan lebih fleksibel.

7. Daya Tahan Tubuh
Dalam bermain sepakbola diperlukan stamina yang bagus dan kuat. Untuk itu, Anda perlu melatih stamina agar bisa bermain sepakbola selama 90 menit karena dengan mempunyai stamina yang kuat, Anda akan dengan mudah memenangkan pertandingan. Disamping itu, dengan rutin bermain sepakbola akan melatih ketahanan tubuh Anda, dan akhirnya akan memiliki ketahanan tubuh yang sangat baik dan lebih kuat.

8. Meningkatkan Keseimbangan
Manfaat bermain sepakbola yang terakhir yaitu, dapat membuat keseimbangan tubuh menjadi lebih baik. Dengan rutin bermain sepakbola Anda akan mempunyai tubuh yang seimbang dan menggerakan tubuh pun akan lebih nyaman karena dalam olahraga ini banyak melakukan aktifitas yang menuntut kita melakukan banyak gerakan. Dampaknya tubuh akan menjadi lebih baik dan kesimbangan pun akan terlatih dengan sendirinya.


Itulah beberapa manfaat bermain sepakbola untuk kesehatan tubuh kita. Semoga persepakbolaan di Indonesia akan lebih maju kedepannya. Dan akan mencetak generasi sepakbola muda yang lebih menjanjikan. Walaupun sekarang dunia sepakbola di Negara kita masih bermasalah, semoga cepat diselesaikan permasalahannya.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 9:26 AM

0 komentar:

Post a Comment