Home » , , , » 8 Cara Alami Menghilangkan Ketombe

8 Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Ketombe sangat mengganggu aktifitas sehari-hari Anda, karena dapat mengakibatkan kulit kepala terasa sangat gatal. Selain itu, penyakit ini bisa menyerang siapa saja dari anak muda atau orang tua sekalipun. Ketombe tidak hanya menyerang ke area kulit kepala saja, tapi juga alis, jenggot dan area tubuh yang sering ditumbuhi oleh bulu atau rambut.
8 Cara Alami menghilangkan Ketombe
1. Sinar Matahari
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang khasiat sinar matahari.
Seperti sudah kita ketahui, bahwa sinar matahari mempunyai banyak manfaat. Ternyata sinar matahari berguna untuk mengurangi ketombe Anda. Menurut penelitian, ada hubungannya sinar matahari dan ketombe. Apabila Anda bermasalah dengan ketombe, cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahari sekitar 10-15 menit. Cara ini sudah teruji untuk menghilangkan minyak berlebihan dan menyehatkan tubuh Anda juga. Jadi, tidak salah untuk mencoba cara alternatif ini karena pengobatannya tidak membutuhkan biaya dan dapat dilakukan dimana saja. Asalkan berjemurnya jangan pas musim hujan saja, karena tidak akan ada sinar matahari. Untuk itu, jika Anda ingin mengatasi ketombe berjemurlah di paparan sinar matahari, selain membantu menyembuhkan ketombe bermanfaat juga untuk kesehatan tubuh Anda, khususnya sinar matahari pagi

2. Lemon
Apabila Anda ingin mengatasi ketombe. Cobalah solusi pengobatan alternatif ini. Karena dalam buah ini terdapat kandungan asam yang berfungsi untuk memecah jamur yang biasa menjadi penyebab paling sering tekena ketombe. Disamping itu, lemon bebas dari bahan kimia yang membahayakan kesehatan rambut. Tetapi buah ini dapat membuat rambut anda telihat lebih bagus dan bersih dari ketombe. Cara pemakaiannya cukup mudah, pertama siapkan 2 buah sendok makan dan 1 buah sendok teh, kemudian isi ketiga sendok tersebut dengan air perasan lemon. Ambil yang 2 buah sendok makan lalu pijatkan air lemon itu ke kulit kepala. Diamkan dulu sampai meresap selama 1 menit. Kemudian campurkan 1 sendok teh perasan air lemon ke cangkir atau mangkuk dengaan air lalu bilaskan ke kepala dan rambut Anda. Jika cara ini dipakai secara teratur, maka ketombe akan hilang dan pasti membuat rambut pun menjadi lebih sehat dan terhindar dari ketombe.

3. Lidah Buaya
Lidah buaya memang mempunyai banyak khasiat, khususnya di bidang kecantikan. Sudah banyak kosmetik yang terbuat dari tanaman ini. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya dapat dijadikan sebagai penghambat proses proliferasi kulit. Karena dalam ketombe sering disebabkan oleh sel-sel tumbuh dan mati terlalu cepat maka dari itu lidah buaya cocok dipakai untuk mengatasi ketombe karena bisa mengatur seberapa cepat sel-sel tumbuh didalam kulit kepala Anda. Selain itu, tanaman ini bisa mengembalikan sel-sel kekeadaan normal kembali. Cara pemakaiannya, ambil gel yang terdapat dalam lidah buaya, kemudian oleskan ke kulit kepala Anda, lalu diamkan dulu sekitar 15 menit. Terakhir cuci rambut Anda dengan menggunakan sampo hingga bersih.

4. Garam
Ini biasanya sering kita gunakan untuk memasak. Garam yang mudah ditemukan dan berharga sangat terjangkau, ternyata dapat Anda gunakan untuk mengatasi ketombe. Karena dalam garam terdapat sedikit kristal abrasif yang bekerja sebagai exfoliator alami. Kandungan tersebut ampuh untuk membersihkan kulit kepala Anda dari ketombe. Cara penggunaannya, ambil garam sekitar 3 sendok makan, kemudian pijatkan ke kepala Anda yang dibasahi dengan sedikit air. Diamkan selama 2-3 menit. Terakhir pakailah sampoo segera ke kepala Anda, supaya hasilnya lebih maksimal.

5. Lada Hitam Dan Yogurt
Tahukah Anda bahwa lada hitam dan yogurt dapat Anda gunakan untuk mengatasi ketombe secara alami. Lada hitam berfungsi sebagai anti jamur sedangkan yogurt berfungsi sebagai penenang kulit kepala Anda. Cara pemakaiannya, pertama tumbuk sampai halus 2 sendok lada hitam kemudian campurkan kedalam yogurt. Aduk dulu sampai merata, lalu oleskan campuran tadi ke kulit kepala Anda. Diamkan terlebih dahulu hingga merasap selama 1 jam. Terakhir cuci kepala Anda dengan sampoo anti ketombe hingga bersih.

6. Minyak Zaitun
Pada artikel yang lain telah kami informasikan mengenai khasiat minyak zaitun.
Memang minyak zaitun mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya dapat digunakan untuk mengatasi dan menghilangkan ketombe. Karena minyak zaitun dapat dijadikan sebagai pelembab alami yang sangat baik untuk membersihkan kulit kepala dari ketombe. Cara penggunaanya cukup mudah. Oleskan dengan cara dipijat minyak zaitun ke kulit kepala  secara lembut setiap hari sebelum Anda pergi tidur pada malam hari. Besok paginya cuci kulit kepala Anda dengan sampoo hingga bersih.

7. Bawang Putih
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan tentang khasiat bawang putih.
Walaupun mempunyai bau yang menyengat dan sangat dibenci oleh sebagian orang. Ternyata bawang putih dapat dipakai untuk menghilang ketombe Anda. Karena tanaman yang biasa dibuat bumbu ini memiliki sifat antibiotik alami yang berguna untuk membasmi bakteri yang ada di kulit kepala Anda. Cara pemakaiannya yaitu, bawang putih ditumbuk hingga  halus kemudian tambahkan sedikit air sampai berbentuk seperti pasta. Oleskan ke kulit kepala Anda sampai merata lalu diamkan dulu selama 1/2 jam sampai meresap ke kulit kepala. Terakhir, bilas kulit kepala Anda menggunakan sampoo sampai bersih.

8. Kangkung
Biasanya sayuran ini sering dibuat sayur, karena enak rasanya, selain itu berguna juga untuk menyehatkan tubuh Anda, khususnya untuk mengatasi ketombe. Kangkung biasanya dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.000 M dari permukaan laut. Cara pemakaian kangkung untuk menghilangkan ketombe yaitu, ambil 1 ikat batang kangkung yang masih segar dan bergetah kemudian cuci dulu sampai bersih. Setelah itu, kangkung dipotong-potong menjadi beberapa bagian lalu masukkan kangkung ke dalam panci yang sudah terisi air sampai semuanya terendam. Diamkan dahulu selama 1 malam. Besok paginya, cuci terlebih dahulu rambut Anda kemudian ambil air rendaman kangkung dan bilaskan ke kepala Anda hingga ke kulitnya dengan cara dipijat secara lembut. Setelah itu, biarkan mengering sendiri lalu pada siang harinya Anda bisa mencuci rambut dan kepala hingga bersih. Apabila cara ini digunakan secara rutin dapat menghilangkan ketombe yang membandel sekalipun.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 6:23 AM

0 komentar:

Post a Comment