Home » , , » 8 Penyebab Sakit Kepala

8 Penyebab Sakit Kepala

Banyak sekali penyebab sakit kepala. Itu terjadi karena beberapa faktor bisa yang ringan atau berat. Anda harus berhati-hati terhadap penyakit ini, bisa saja sakit kepala merupakan gejala awal dari penyakit tertentu. Untuk itu, biasakanlah Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai penyakit ini agar dapat segara diketahui cara menyembuhkannya. Memang penyakit ini tergolong ringan, dan biasanya dengan minum obat yang dijual di warung dapat dengan mudah sembuh. Tetapi Anda harus tahu bahwa sakit kepala biasanya disebabkan oleh perilaku yang tidak sehat. 
8 Penyebab Sakit Kepala
1. Dehidrasi
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang manfaat minum air putih.
Apabila Anda kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengakibatkan terkena penyakit sakit kepala. Menurut para ahli, tidak cukup minum air putih bisa mengakibatkan pembuluh darah otak menyempit, karena dapat membuat pasokan darah dan oksigen ke otak berkurang. Jadi, biasakanlah untuk selalu minum air putih 8 gelas perhari agar kesehatan Anda terjaga dan terhindar dari sakit kepala.

2. Olahraga
Pada artikel lainnya telah kami informasikan tentang manfaat olahraga.
Ternyata olahraga juga bisa mengakibatkan sakit kepala walaupun berolahraga banyak manfaatnya. Tetapi penyakit ini dapat dihindari apabila Anda berolahraga secara benar. Karena dalam olahraga harus di awali dengan pemanasan, jangan tiba-tiba Anda langsung melakukan olahraga yang berat. Ini dapat mengakibatkan kelelahan dan biasanya disertai rasa sakit di kepala. Untuk itu biasakanlah untuk pemanasan dulu sebelum berolahraga dan atur pernapasan Anda. Disamping itu, berhentilah olahraga apabila sudah kelelahan.

3. Perubahan Cuaca
Biasanya cuaca memang bisa mempengaruhi kesehatan manusia. Ada orang yang mudah terkena sakit kepala setiap kali musim hujan atau suhu yang berubah. Karena perubahan cuaca dapat memicu terjadinya perubahan kimia pada otak dan membuat iritasi pada saraf. Sehingga dapat menyebabkan sakit kepala.

4. Stress
Pikiran yang kacau akan mengakibatkan mudah terkena sakit kepala karena stress merupakan salah satu penyebab paling besar. Ketika Anda sedang stress tubuh akan memproduksi kortisol untuk meringankan pikirannya itu, tetapi apabila kortisol berkurang dapat dengan mudah terkena sakit kepala. Cara paling praktis untuk mengurangi stress adalah dengan melakukan aktifitas yang menyenangkan atau dapat melakukan pijat relaksasi, mungkin ini akan mengurangi stress Anda.

5. Polutan lingkungan
Di lingkungan yang kotor, khususnya di daerah perkotaan pasti banyak terdapat debu, asap, pestisida, karbon monoksida, dan masih banyak zat yang membahayakan bagi tubuh manusia. Karena di lingkungan tersebut tercatat ada lebih dari 12.000 polutan. Ini adalah zat yang dapat menyebabkan sakit kepala. Bahkan menurut penelitian, cat dinding banyak mengandung racun yang dapat menyebabkan sakit kepala. Untuk itu, cobalah untuk menanam beberapa tanaman di rumah atau ditempat Anda biasa beraktifitas, karena itu dapat menyaring udara kotor yang masuk ke lingkungan sekitar Anda.

6. Kurang Tidur
Bagi Anda yang susah tidur, silahkan baca dulu artikel cara mengatasi insomnia.
Menurut para peneliti orang yang tidur kurang dari 6 jam, lebih beresiko terkena sakit kepala dibandingkan dengan orang yang tidur selama 8 jam pada malam hari. Karena kurang tidur merupakan penyebab umum terkena sakit kepala. Untuk itu, biasakanlah untuk tidur 7-8 jam perhari agar Anda terhindar dari sakit kepala.

7. Obat yang berlebihan
Memang mengkonsumsi obat, khususnya obat warung dapat membantu meredakan sakit kepala, tetapi apabila dikonsumsi secara berlebihan malahan nanti bisa membuat sakit kepala lebih parah lagi. Jadi apabila Anda ingin mengkonsumsi obat jangan terlalu berlebihan, karena yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan Anda.

8. Asap Rokok
Pada artikel yang lain telah kami informasikan tentang bahaya merokok. Karena kebiasaan ini sangat tidak baik untuk kesehatan Anda. Disamping itu merokok tidak ada manfaatnya, malahan merupakan sumber dari berbagai macam penyakit. Bahkan asap rokok merupakan salah satu penyebab terjadinya sakit kepala. Hal ini diakibatkan oleh zat nikotin yang ada pada rokok bisa mengakibatkan pembuluh darah yang ada di otak mengalami penyempitan, sehingga akan mudah terkena sakit kepala.

Pada postingan selanjutnya kami akan memberikan tips mengobati sakit kepala.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 6:12 AM

0 komentar:

Post a Comment