Home » , , » 8 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Tubuh

8 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Tubuh

Jika ingin memiliki tubuh yang sehat, maka Anda harus bisa menjaganya agar tidak terserang penyakit. Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang harus dilakukan, karena apabila Anda mempunyai tubuh yang sehat, aktifitas seberat apapun dapat dilaksanakan dengan mudah. Sehingga pola hidup sehat merupakan obat yang sangat ampuh untuk melindungi tubuh dari segala jenis penyakit.
8 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Tubuh
1. Selalu Berpikiran Positif
Apabila Anda sedang ditimpa berbagai masalah, cobalah untuk selalu berpikiran positif, karena jika terlalu memikirkan masalah tersebut, akibatnya tubuh dan pikiran akan kacau. Dengan selalu berpikiran positif dan tenang, Anda dapat dengan mudah menemukan jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut.

2. Menjaga Pola Makan
Ini yang sering dilupakan banyak orang, sebenarnya jika Anda ingin mempunyai tubuh yang sehat, maka pola makan pun harus diatur. Cobalah untuk selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi, seperti sayur mayur, aneka buah-buahan, susu, lauk pauk yang menyehatkan, dan tentunya nasi sebagai makanan pokok. Disamping itu, Anda harus mengatur jam makan, agar lambung menjadi sehat dan tidak bermasalah. Jika sudah lapar berarti Anda harus makan, dan berhentilah sebelum kenyang, karena yang berlebih-lebihan itu tidak baik.

3. Minum Air putih Yang Cukup
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan mengenai manfaat minum air putih.
Dengan rutin minum air putih, maka tubuh pun akan sehat, karena tubuh membutuhkan cairan yang cukup supaya tetap bugar. Untuk itu biasakanlah minum air putih 8 gelas perhari.

4. Menjaga Kebersihan
Kegiatan ini biasanya susah dilakukan. Tapi apabila sudah terbiasa maka akan menumbuhkan kesadaran bahwa dengan menjaga kebersihan, kesehatan tubuh pun akan terjaga. Sehingga bakteri, kuman dan virus tidak akan mudah menyerang tubuh Anda. Oleh karena itu biasakanlah menjaga kebersihan, misalnya kamar Anda harus dibersihkan tiap hari. Selain itu, kebersihan tubuh Anda harus dijaga, cobalah untuk selalu mencuci tangan sebelum makan dan biasakanlah mandi 2 kali sehari pagi dan sore.

5. Olahraga Yang Teratur
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan mengenai manfaat olahraga.
Dengan rutin berolahraga dapat melancarkan peradaran darah, sehingga jantung pun akan sehat serta pikiran dan konsentrasi menjadi lebih baik. Olahraga juga terbukti ampuh untuk mencegah pengeroposan tulang atau yang biasa disebut Osteoporosis. Karena dengan terbiasa berolahraga dapat meningkatkan kepadatan tulang. Jika Anda ingin berolahraga tidak perlu dengan porsi yang terlalu berat, yang sederhana saja seperti lari pagi di pagi hari secara rutin 3-4 kali dalam seminggu selama 30-40 menit. Apabila dilakukan secara teratur tubuh Anda akan selalu bugar setiap hari, dan manfaatnya dapat Anda rasakan ketika beraktifitas, seperti kerja, kuliah dan kegiatan lainnya akan mudah dilakukan.

6. Hindari Stress
Perilaku ini dapat membuat tubuh Anda menjadi tidak sehat. Untuk itu lakukanlah aktifitas yang menyenangkan sehingga dapat menenangkan pikiran. Cobalah Anda untuk refresing sejenak dan melupakan pekerjaan yang memberatkan pikiran Anda. Karena stress dapat mengakibatkan isitirahat dan nafsu makan Anda terganggu.

7. Istirahat Yang Cukup
Anda susah tidur coba baca artikel tentang cara mengatasi insomnia. Karena istirahat yang cukup adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi, jika tidak maka rumah sakitlah tujuan Anda. Untuk itu, bila Anda sering beraktifitas yang menguras tenaga, cobalah meluangkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Manfaat istirahat dapat Anda rasakan pada saat bangun, tubuh akan menjadi lebih bugar dan sehat, maka pekerjaan sesulit apapun dapat ditaklukan dengan mudah. Jadi biasakanlah untuk tidur 6-8 jam perhari.

8. Melaksanakan Puasa
Manfaat puasa ini sangat ampuh bagi kesehatan tubuh. Bahkan menurut penelitian, dengan terbiasa berpuasa merupakan cara menjaga kesehatan tubuh yang unik karena sudah terbukti khasiatnya. Berpuasa secara teratur dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu dengan berpuasa dapat membuat pencernaan lebih sehat. Dengan begitu Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang Anda seperti maag, lambung dan masalah pencernaan lainnya.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 6:00 AM

0 komentar:

Post a Comment