Home » , , » 8 Manfaat Tomat (Bagian Kedua)

8 Manfaat Tomat (Bagian Kedua)

Artikel kali ini merupakan lanjutan dari manfaat tomat bagian pertama. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi bagian keduanya.
8 Manfaat Tomat (Bagian Kedua)
1.   Kesehatan Gigi dan Tulang
Kandungan kalsium yang terdapat dalam tomat, sangat berguna untuk mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang dan berguna juga untuk menguatkan gigi. Oleh karena itu, Jika Anda ingin menjaga kesehatan tulang dan gigi, cobalah untuk mengkonsumsi buah tomat secara teratur.

2.   Kesehatan Jantung
Dalam sepotong tomat berukuran sedang terdapat kandungan kalium sekitar 235 mg. Zat ini sangat berguna untuk menjaga kesahatan jantung Anda. Oleh karena itu, dapat mengontrol denyut jantung dan memompa darah secara baik.

3.   Mencegah Diabetes
Tomat berfungsi juga untuk mengontrol gula dalam darah. Jadi jika Anda ingin mengurangi resiko terkena penyakit diabetes, disarankan untuk mengkonsumsi buah tomat secara teratur. Karena tomat dapat dijadikan sebagai sumber kromium yang sangat dibutuhkan untuk mengontrol gula darah dalam tubuh Anda.

4.   Mengobati Jerawat
Pada artikel lainnya telah kami informasikan mengenai cara menghilangkan jerawat.
Ternyata tomat dapat digunakan juga sebagai cara alternatif untuk mengatasi jerawat yang membandel. Karena dalam buah ini terdapat kandungan vitamin A dan C. Kandungan lain yang terdapat dalam tomat yang berguna untuk mengobati jerawat yaitu zat asam. Cara penggunaan buah tomat untuk mengatasi jerawat yaitu, Anda hanya cukup mengosokkan buah tomat yang telah dipotong ke bagian yang terdapat jerawatnya, kemudin diamkanlah selama beberapa menit. Jika dilakukan secara rutin, maka jerawat pun akan hilang.

5.   Menghilangkan Ketombe
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan mengenai cara menghilangkan ketombe.
Ketombe merupakan penyakit yang sangat menyebalkan. Karena dapat membuat Anda kurang percaya diri. Oleh karena itu, cobalah cara alternatif ini untuk mengatasi ketombe. Karena dalam buah tomat terdapat kandungan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Cara meracik ramuannya pun cukup gampang. Pertama siapkan 3 buah tomat, kemudian tumbuklah sampai halus. Campurkan 2 sendok makan jus melon kedalamnya. Lalu aduklah sampai berbentuk seperti pasta. Oleskan ramuan tadi ke kulit kepala Anda hingga merata. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu barulah cuci bersih rambut Anda.

6.   Melindungi Kulit Dari Sinar Ultraviolet
Ternyata buah tomat dapat dijadikan sebagai tabir surya alami. Kandungan likopen yang terdapat didalamnya bisa melindungi kulit dari sinar UV. Untuk itu, jika Anda ingin beraktifitas diluar, cobalah untuk selalu mengkonsumsi buah tomat sebelumnya. Agar kulit Anda terjaga kesehatannya.

7.   Memutihkan Kulit
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan tentang cara menjaga kesehatan kulit.
Memang manfaat buah tomat untuk menjaga kesehatan kulit sangat banyak. Salah satunya dapat digunakan untuk memutihkan kulit. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Pertama bersihkan dulu kulit Anda dengan air, kemudian tumbuk halus tomat. Siapkan yoghurt dan 1 sendok oatmeal. Campurkan bahan tadi dengan 2 sendok teh tomat yang telah ditumbuk tadi. Lalu oleskan ramuan yang telah dibuat ke bagian kulit yang diinginkan. Diamkan selama 20 menit, lalu bersihkanlah.

8.   Mengobati Nyeri Punggung
Apabila Anda sering mengalami nyeri punggung, cobalah untuk secara teratur mengkonsumsi buah tomat. Kandungan yang terdapat dalam buah ini , dapat mentransfer karotenoid dan bioflavonoid yang sangat berguna sebagai zat anti peradangan. Oleh karena itu, tomat dapat dijadikan makanan pendukung dalam penyembuhan nyeri punggung.


Itulah manfaat dan khasiat buah tomat untuk kesehatan. Walaupun mempunyai manfaat yang sangat banyak, ternyata buah ini memiliki efek samping seperti, dapat melemahkan sistem imun, gangguan pencernaan, kelebihan vitamin, dll. Oleh karena itu, janganlah makan tomat secara berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 9:42 AM

0 komentar:

Post a Comment