Home » , , » 8 Manfaat Menakjubkan Buah Semangka

8 Manfaat Menakjubkan Buah Semangka

Buah Semangka mengandung banyak air, sehingga baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan akan cairan dalam tubuh selain dengan mengkonsumsi air putih. Disamping itu buah ini memiliki gizi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Apabila sedang musim buah semangka, Anda dapat menemukannya dengan mudah karena buah ini cocok ditanam diberbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, jika Anda ingin tahu kandungan buah semangka yang sangat dahsyat yaitu hanya dengan satu cangkir buah semangka yang dipotong dadu Sebanyak 152 gram mengandung 43 kalori, 2 gram natrium, 0 gram lemak, 1 gram serat, dan 11 gram karbohidrat.
8 Manfaat Menakjubkan Buah Semangka
1. Kesehatan Kulit
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan tentang cara menjaga kesehatan kulit.
Jika Anda memiliki kulit yang kering, cobalah untuk mengkonsumsi buah semangka karena dapat melembabkan kulit, itu disebabkan dalam buah ini terdapat kandungan yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan karena kandungan tersebut bisa juga meremajakan kulit yang kusam sehingga akan membentuk kembali sel-sel kulit mati. Selain itu, buah semangka banyak mengandung air jadi bisa menjadi alternatif asupan cairan dalam tubuh selain dengan minum air putih.

2. Mencegah Sariawan
Pada artikel lainnya telah kami informasikan tentang cara mengobati sariawan.
Ternyata buah ini bisa dijadikan solusi alternatif untuk mencegah terjadinya sariawan. Dengan mengkonsumsi buah semangka secara rutin dapat mencegah tumbulnya bakteri dalam rongga mulut karena vitamin yang ada didalamnya bisa membantu membasmi bakteri penyebab sariawan. Selain itu, dapat menjaga mulut dari kekeringan karena jika mulut kekeringan, dapat dengan mudah terkena sariawan.

3. Sebagai Antioksidan
Didalam buah semangka banyak terdapat kandungan senyawa fenolik seperti triterpenoid, flavonoid, dan karotenoid. Triterpenoid berfungsi untuk anti inflamasi karena dapat menghambat aktifitas enzim penyebab meningkatnya inflamasi sedangkan karotenoid berfungsi untuk mengurangi terjadinya peradangan dan menangkal radikal bebas. Selain itu, pastikan Anda untuk mengkonsumsi buah semangka yang sudah matang karena kandungan senyawa fenoliknya lebih tinggi dan berkualitas.

4. Kesehatan Ginjal
Khasiat buah semangka selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk menjaga kesehatan ginjal. Kandungan kalium yang terdapat didalamnya berfungsi untuk membersihkan zat-zat racun yang ada dalam ginjal. Sehingga fungsi ginjal menjadi tidak terganggu dan kesehatannya terjaga. Selain itu, dengan mengkonsumsi buah ini dapat mencegah terjadinya penyakit batu ginjal karena dapat mengurangi kadar asam urat.

5. Mencegah Diabetes
Kandungan air yang terdapat dalam buah semangka sangat berguna untuk penderita diabetes karena dapat memberikan rasa kenyang. Selain itu, buah ini termasuk makanan yang rendah kalori dan gula. Sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

6. Mengatasi Hipertensi
Buah semangka dapat menurunkan tekanan darah karena dalam buah ini terdapat kandungan zat karotenoid yang berfungsi untuk mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena. Selain itu kandungan kalium yang terdapat didalamnya berperan dalam menurunkan tekanan darah. Untuk itu, jika Anda mempunyai tekanan darah yang tinggi disarankan untuk mengkonsumsi buah semangka secara teratur.

7. Mencegah Kanker
Zat likopen yang terdapat dalam buah ini berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Selain itu dapat membantu pertumbuhan. Sehingga buah semangka sangat cocok dikonsumsi untuk mencegah terjadinya penyakit kanker.

8. Mencegah Penuaan Dini
Buah semangka banyak mengandung nutrisi seperti vitamin A, C, dan likopen. Kandungan ini bisa menangkal radikal bebas yang menyerang kulit. Sehingga kulit pun akan terhindar dari penyakit dan mencegah terjadinya penuaan dini. Untuk itu, bagi Anda yang ingin memiliki kulit yang terlihat awet muda, cobalah secara rutin mengkonsumsi buah semangka.


Itulah beberapa manfaat buah semangka yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, biasakanlah secara rutin mengkonsumsi buah ini karena memiliki segudang manfaat. Selain itu, buah semangka berharga sangat terjangkau apabila sedang musimnya.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 7:36 AM

0 komentar:

Post a Comment