Home » , , , » 8 Manfaat Ikan Asin Untuk Kesehatan

8 Manfaat Ikan Asin Untuk Kesehatan

Ikan asin merupakan makanan khas Indonesia yang sangat populer khususnya dikalangan ekonomi menengah ke bawah karena jenis lauk pauk ini berharga sangat terjangkau tetapi ada juga ikan asin yang berharga cukup mahal. Ternyata ikan asin mempunyai kandungan dan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa manfaat dan khasiat dahsyat dari ikan asin.
8 Manfaat Ikan Asin Untuk Kesehatan
1. Mencegah Anemia
Manfaat ikan asin yang pertama yaitu bisa mencegah terjadinya penyakit anemia. Kandungan zat besi yang ada didalamnya dapat membantu mencegah penyakit ini. Zat besi berfungsi untuk membantu proses produksi sel darah merah. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki gejala penyakit anemia, cobalah untuk mengkonsumsi secara rutin ikan asin. Berikut ini beberapa gejala jika Anda terserang penyakit ini yaitu, sering kurang fokus dalam melakukan aktifitas, sering sakit kepala, mudah terkena berbagai macam penyakit, dan mulai muncul gejala 5L seperti, lemah, letih, lesu, lemas, dan lunglai.

2. Kesehatan Tulang Dan Gigi
Kandungan fosfor dan kalsium dalam ikan asin berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Menurut penelitian telah mengungkapkan bahwa hanya dengan 100 gram saja, ikan asin memiliki kandungan kalsium sebanyak 200 Mg dan kandungan fosfor sebanyak 300 Mg. Seperti telah kita ketahui bahwa kandungan fosfor dan kalsium sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan ini dapat mencegah terjadinya osteoporosis, memperkuat tulang, dan mencegah terjadinya kelainan pada tulang.

3. Membantu Pembentukan Otot
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan mengenai Makanan Pembentuk Otot Tubuh.
Jika Anda ingin membentuk otot Anda, cobalah untuk mengkonsumsi jenis lauk pauk ini. Kandungan protein yang ada dalam ikan asin kadarnya cukup tinggi, yaitu hanya dengan 100 gram, ikan asin memiliki kandungan protein sebesar 42 gram. Untuk itu, dengan mengkonsumsi ikan asin dapat membantu pembentukan dan pertumbuhan otot. Tetapi, karena ikan asin memiliki kadar garam yang tinggi, disarankan Anda untuk tidak mengkonsumsinya terlalu sering.

4. Memperkuat Daya Tahan Tubuh
Manfaat dahsyat dari ikan asin selanjutnya yaitu berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan protein yang cukup tinggi dari ikan asin, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, dengan mengkonsumsi ikan asin dapat mencegah terjadinya berbagai macam jenis penyakit dan tubuh Anda akan bugar setiap hari.

5. Kesehatan Kulit
Pada artikel yang lain sudah kami informasikan mengenai cara menjaga kesehatan kulit.
Tahukah Anda bahwa ikan asin mempunyai kegunaan untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan yang terdapat dalam ikan asin untuk menjaga kesehatan kulit yaitu, selenium, lemak esensial, omega 3, dan vitamin E. Selain itu, vitamin E yang terkandung didalamnya dapat mencegah terjadinya penyakit kanker kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet karena dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV.

6. Kesehatan Mata
Pada artikel yang lain telah kami informasikan mengenai tips menjaga kesehatan mata.
Kandungan vitamin A yang terdapat dalam jenis lauk pauk ini berguna juga untuk menjaga kesehatan mata. Dengan tercukupinya asupan vitamin A dapat mencegah terjadinya berebagai macam jenis penyakit mata seperti, mencegah degeredasi makula, mencegah katarak, mencegah mata minus dan plus.

7. Mencegah Penyakit Jantung
Jika Anda ingin mempunyai jantung yang sehat, cobalah untuk mengkonsumsi ikan asin. Kandungan omega 3 yang terdapat didalamnya berfungsi untuk merawat jantung Anda. Fungsi lain dari omega 3 juga dapat menurunkan kadar kolestrol jahat yang ada dalam tubuh. Selain itu, ikan asin memiliki kandungan kolestrol yang baik, sehingga tidak membahayakan kesehatan jantung Anda. Untuk itu, ikan asin cocok dikonsumsi bagi Anda yang ingin mencegah terjadinya penyakit jantung.

8. Sebagai Sumber Energi
Pada artikel yang lain telah kami informasikan tentang makanan penambah stamina.
Manfat ikan asin yang terakhir yaitu berfungsi untuk menambah energi kita. Dalam 100 gram ikan asin kering dapat memberikan energi sebanyak 193 kkal. Jadi asupan ini dapat dijadikan sebagai penambah energi. Karena dengan memiliki energi yang banyak, aktifitas sehari-hari pun dapat berjalan dengan lancar. Agar hasilnya lebih maksimal, cobalah untuk mengkombinasikan dengan makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi.


Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi ikan asin. Untuk itu, cobalah untuk selalu menyempatkan diri menkonsumsi jenis lauk pauk ini. Karena sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, ikan asin mudah ditemukan diberbagai wilayah Indonesia, karena Negara kita mempunyai sumber daya ikan yang sangat melimpah. Dengan mengkonsumsi ikan asin secara rutin, berarti kita mencintai produk dalam negeri dan bisa membantu pertumbuhan ekonomi Negara kita.

Posted by 8 Tips Kesehatan
8 Tips Kesehatan Updated at: 6:31 PM

0 komentar:

Post a Comment